Pemerintah Tetapkan Gaji Perangkat Desa Setara PNS

Dheri Agriesta    •    Senin, 14 Jan 2019 11:50 WIB
dana desa
Pemerintah Tetapkan Gaji Perangkat Desa Setara PNS
Presiden Jokowi. Foto:Biro Pers

Jakarta: Pemerintah telah memutuskan penghasilan tetap aparat perangkat desa setara pegawai negeri sipil (PNS). Gaji mereka akan setara PNS  golongan 2A.
 
"Yang paling penting sudah kita putuskan, pengasilan tetap perangkat desa segera disetarakan dengan golongan 2A," kata Presiden Joko Widodo saat menemui Persatuan Perangkat Desa Indonesia (PPDI) di Istora Senayan, Jakarta, Senin, 14 Januari 2019.
 
Presiden Jokowi sudah memerintahkan agar merevisi Peraturan Pemerintah Nomor 43 Tahun 2014 dan Peraturan Pemerintah Nomor 47 Tahun 2015. Dua aturan itu mengatur tentang perangkat desa. Revisi ditargetkan rampung dalam dua minggu.
 
"Nanti kita segera keluarkan revisi PP-nya, sehingga segera dilaksanakan perintah PP yang ada," kata Jokowi.

Baca: Mendagri Setuju Perangkat Desa Terima UMR

Aparat perangkat desa tak cuma mendapatkan kepastian pendapat bulanan. Pemerintah juga memberikan layanan jaminan sosial kepada kepala desa dan aparat perangkat desa. "Ketiga, BPJS akan diberikan kepada seluruh kepala desa dan perangkat desa," ujar Jokowi.
 
Ketua Umum PPDI Mujito berterima kasih kepada Presiden Jokowi. Ia berharap penghasilan tetap yang disetarakan itu bisa berlaku bulan depan.
 
"Saya berharap dari hati yang terdalam, intinya masyarakat sangat bangga dengan Pak Presiden," tegas Mujito.




(FZN)