PDIP dan Demokrat Jalin Kesepakatan

Damar Iradat    •    Jumat, 13 Jul 2018 16:04 WIB
pdippartai demokratpilpres 2019
PDIP dan Demokrat Jalin Kesepakatan
Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Demokrat Agus Hermanto ke kantor PDIP--Medcom.id/Damar Iradat

Jakarta: Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto menyambut baik kedatangan Wakil Dewan Pembina Partai Demokrat Agus Hermanto ke Kantor DPP PDIP. Sejumlah hal dibahas dalam pertemuan tersebut.

Hasto mengatakan kunjungan Agus merupakan silaturahmi yang perlu dibangun oleh partai politik. Apalagi, menurut dia, menjelang pemilu serentak tahun depan, seluruh partai politik berkomitmen membangun bangsa dan negara.

"Kami membahas berbagai agenda-agenda nasional ke depan, termasuk bagaimana pemilu legislatif dan presiden dapat dijalankan dengan baik," kata Hasto di Kantor DPP PDIP, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat, 13 Juli 2018.

Hasto melanjutkan kedua partai memiliki kesepakatan bersama, yaitu mengawal pemilu dan meningkatkan kualitas Pemilu. Di sisi lain, pada pertemuan tadi keduanya juga membicarakan soal kerja sama di DPR antara Fraksi Partai Demokrat dan Fraksi PDI Perjuangan.

Baca: Agus Hermanto Sambangi Kantor PDIP

Agus Hermanto tak mengelak jika pertemuan tadi membahas soal Pemilu Serentak 2019. Menurut dia, komitmen agar Pemilu tahun depan itu berjalan lancar dan damai harus ada di setiap partai politik.

"Kita harus menyukseskan pileg dan pilpres secara serentak ini dengan sebaik-baiknya dan harus juga berhasil dengan sebaik-baiknya," kata Agus.

Oleh karena itu, menurut Agus, untuk menciptakan pemilu serentak yang berjalan lancar, diperlukan koordinasi dari seluruh partai politik. Apalagi, kata wakil ketua DPR itu, setiap partai politik pasti berkomitmen untuk menyukseskan perhelatan pesta demokrasi lima tahunan itu.

"Seluruh parpol pastinya mempunyai komitmen yang sama untuk menyukseskan pemilu serentak ini," ucap Agus.

Kendati demikian, baik Agus dan Hasto kompak bungkam saat ditanya apakah pertemuan tadi merupakan sinyal Demokrat masuk ke dalam koalisi pendukung Joko Widodo. Secara implisit, Agus dan Hasto mengaku siang tadi merupakan pertemuan awal kedua partai tersebut.

Dalam pertemuan siang tadi, Hasto tak menyambut Agus sendiri. Turut hadir Ketua DPP PDIP Bidang Ideologi Idam Samawi, Ketua DPP PDIP Bidang Perempuan dan Anak Sri Rahayu, serta Ketua DPP PDIP Bidang Perkonomian Hendrawan.


(YDH)