SBY dan Demokrat Mencari Jalan Koalisi

Faisal Abdalla    •    Selasa, 10 Jul 2018 18:09 WIB
partai demokratpilpres 2019
SBY dan Demokrat Mencari Jalan Koalisi
Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono. Foto: Antara/Yulius Satria.

Jakarta: Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menegaskan partainya belum menentukan arah koalisi dukungan pada Pilpres 2019. SBY menilai situasi politik saat ini masih sangat cair.

"Politik saat ini masih sangat cair dan sangat dinamis. Mungkin yang menjadi pembicaraan sehari-hari Partai Demokrat mengusung siapa? Pak Jokowi, Pak Prabowo, atau calon lainnya. Tiga-tiganya mungkin dan sekarang sedang kita matangkan," kata SBY di kediamannya, Jalan Mega Kuningan Timur VIII, Jakarta Selatan, Selasa 10 Juli 2018.

SBY tak menampik saat ini Demokrat tengah berusaha mematangkan arah koalisinya. Pertemuan dengan petinggi partai intensif dilakukan untuk membahas hal tersebut.



SBY mengatakan Demokrat memperhitungkan suara dari para pimpinan cabang daerah dan pusat serta anggota parlemen dari Partai demokrat dalam menentukan arah koalisi. Opsi-opsi yang ada masih dalam tahap pembahasan.

Lebih lanjut, Presiden keenam Indonesia itu mengatakan Demokrat juga masih menunggu Jokowi dan Prabowo mengumumkan cawapresnya. Menurutnya, dinamika politik bisa berubah ketika dua tokoh tersebut menentukan pendampingnya.

Namun, dia mengatakan partainya sudah mengantisipasi perubahan dinamika politik itu dengan memetakan opsi-opsi yang ada saat ini.  "Kami sudah memetakan semuanya, kami sudah memikirkan beberapa opsi dan kami susah membahasnya saat ini, sehingga segenting apa pun nanti pada tanggal 9 dan 10 Agustus (pendaftaran capres), insyaallah Demokrat akan bisa menetapkan pilihannya yang kami pandang paling tepat, tapi saat ini Demokrat belum punya Capres" tandasnya.


(YDH)