Cawapres Jokowi Diumumkan Usai Pendaftaran Caleg

Arga sumantri    •    Rabu, 11 Jul 2018 14:52 WIB
pilpres 2019
Cawapres Jokowi Diumumkan Usai Pendaftaran Caleg
Wasekjen PDIP Eriko Sotarduga. Foto: Antara/Akbar Nugroho Gumay.

Jakarta: Wasekjen PDI Perjuangan Eriko Sutarduga menyebut Joko Widodo segera mengumumkan calon wakil presiden. Pengumuman akan dilakukan usai masa pendaftaran calon legislatif, 17 Juli mendatang.
 
"Mengarah kepada keputusan (cawapres Jokowi) itu nanti pasti setelah tanggal 17 (Juli)," kata Eriko di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Rabu, 11 Juli 2018.
 
Eriko mengatakan, hampir semua partai termasuk koalisi pendukung Jokowi masih melakukan komunikasi dengan berbagai pihak. Termasuk dengan partai yang belum memutuskan sikap politiknya.
 
"Semua partai akan menjalin komunikasi, silahturahmi, kemudian juga melihat situasi yang ada," ujarnya.
 
Hasil safari politik akan dibahas para ketua umun partai politik bersama Jokowi. Keputusan belum bisa diambil lantaran partai politik masih sibuk dengan proses pendaftaran calon legislatif yang mendekati masa tenggat.
 
"Semua akan diputuskan dalam pertemuan ketua-ketua umum dengan Pak Jokowi, setelah pendaftaran caleg ini tentunya," ungkapnya.

Baca: PDIP dan Jokowi Kaji Kriteria Cawapres

Sejumlah nama yang disebut berpeluang jadi cawapres Jokowi bermunculan. Dari internal PDIP, ada nama Puan Maharani. Sementara itu, dari partai koalisi ada nama Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto, Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar, dan Ketua Umum PPP Romahurmuziy.
 
Kandidat potensial di luar PDIP dan parpol koalisi yang juga potensial yakni Gubernur NTB Tuan Guru Bajang (TGB) Zainul Majdi. Ada pula nama mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Mahfud MD, Ketua PP Muhammadiyah Din Syamsudin, mantan Menko Maritim Rizal Ramli, Kepala Staf Presiden Moeldoko, hingga Kepala BIN Budi Gunawan.




(FZN)