Prabowo Sempat Ditawari Menjadi Cawapres Jokowi

Yogi Bayu Aji    •    Jumat, 13 Apr 2018 22:49 WIB
prabowo subiantopilpres 2019
Prabowo Sempat Ditawari Menjadi Cawapres Jokowi
Ketua Umum DPP PPP Romahurmuziy. Foto: Antara/M. Agung Rajasa

Semarang: Ketua Umum (Ketum) Partai Persatuan Pembangunan (PPP) M Romahurmuziy mengungkapkan Ketum Gerindra Prabowo Subianto sempat ditawari menjadi calon wakil presiden (cawapres) bagi Presiden Joko Widodo. Itu terjadi pada November 2017.

"Dan pada saat itu Pak Prabowo menyampaikan dalam pertemuan yang terakhir di bulan November itu, 'Saya merasa sangat terhormat di akhir perjuangan saya bisa dipinang sebagai wapres'," kata Romy, sapaan Romahurmuziy, di Semarang, Jumat, 13 April 2018.

Menurut dia, saat itu Jokowi sempat menanyakan ketum partai pendukung soal usulan Prabowo menjadi cawapres. Romy menerima usulan itu, tetapi para ketum lain tak meresponsnya. 

"Waktu itu saya pilih untuk menyetujui segera. Kenapa? Pertama akan ada aklamasi nasional. Karena semua survei kalau Jokowi Prabowo bersatu maka di atas 70 persen. Kedua sumber daya untuk bertengkar berkelahi, mencaci, menghina selama 8 bulan ke depan sejak bulan agustus sampai April nanti tidak terjadi sehingga bangsa ini utuh," jelasnya.

Romy menilai hal ini bisa menjadi pendidikan politik bagi masyarakat. Publik bisa belajar bila pemimpin tak harus saling menjatuhkan.

Romy menyampaikan bila sejatinya Prabowo sempat mengirim utusan untuk membahas tawaran cawapres ke Jokowi beberapa waktu lalu. Namun, Jokowi menjawab belum menerima persetujuan para ketum hingga Prabowo memutuskan maju menjadi calon presiden. 

"Ternyata Pak Prabowo menginginkan jawabannya segera sehingga memang waktu itu sampai hari ini belum ada," jelas dia.


(JMS)

Aset Novanto Terancam Disita KPK

Aset Novanto Terancam Disita KPK

1 hour Ago

Penyitaan dilakukan untuk membayar sisa uang pengganti kerugian negara atas korupsi KTP-el, yan…

BERITA LAINNYA