PBNU: Ormas Bernapas Pancasila Enjoy saja

Juven Martua Sitompul    •    Jumat, 14 Jul 2017 19:19 WIB
terorismeperppu pembubaran ormas
PBNU: Ormas Bernapas Pancasila <i>Enjoy</i> saja
Ketua PBNU Marsudi Syuhud. Foto: MI/Arya Manggala.

Metrotvnews.com, Jakarta: Ketua Pengurus Besar Nadhlatul Ulama (PBNU) Marsudi Syuhud menyindir pihak-pihak yang menolak Peraturan Pemerintah Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2017 tentang Organisasi Kemasyarakatan (Perppu Ormas). Dia menilai, ormas yang tidak sepakat dengan aturan itu tidak sejalan dengan Pancasila.

"Mereka yang merasa tidak bertentangan dengan Pancasila ya enjoy-enjoy saja kok, kecuali yang dilarang. Yang dilarang sedikit aja kok repot," kata Marsudi kepada Metrotvnews.com, Jumat, 14 Juli 2017.

Marsudi menegaskan, ideologi Pancasila telah disepakati oleh pendiri negara, termasuk para kiai NU. Siapapun, kata dia, tidak bisa merongrong ideologi Pancasila. PBNU bakal berdiri di garis depan menjaga ideologi tersebut.

"Negara Pancasila kan negara yang sudah disepakati bersama, konsesus bersama antara pendiri-pendiri republik sampai sekarang termasuk di dalamnya pendiri republik adalah NU, makanya itu akan tetap menjaganya selama-lamanya," tegas dia.

Baca: PBNU Ungkap Bukti adanya ISIS di Indonesia

Dia pun mengamini bila ada ormas-ormas radikal di Indonesia. Namun, dia enggan menyebut secara gamblang ormas-ormas tersebut. Menurut PBNU, ormas yang masuk dalam kategori radikal bisa dilihat dari sikap dan cita-citanya yang ingin merubah ideologi Pancasila.

"Pokonya siapa yang sudah menginginkan berubahnya Pancasila menjadi negara yang seperti mereka inginkan," kata Marsudi. 



(OGI)

KPK Hormati Putusan Sela Praperadilan Novanto

KPK Hormati Putusan Sela Praperadilan Novanto

13 minutes Ago

KPK akan tetap menghadapi proses persidangan selanjutnya yang masuk dalam tahap pembuktian.

BERITA LAINNYA