Fasilitas DPD Diduga Dipakai untuk Kegiatan Parpol

Media Indonesia    •    Senin, 17 Apr 2017 09:05 WIB
pemilihan ketua dpd
Fasilitas DPD Diduga Dipakai untuk Kegiatan Parpol
Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) menggelar poster di depan pimpinan sidang dalam rapat paripurna DPD di Gedung Nusantara V. Foto: MI/Susanto

Metrotvnews.com, Jakarta: Fasilitas Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI diduga digunakan untuk kegiatan partai politik. Keberadaan anggota dan pimpimnan DPD yang merangkap sebagai anggota partai politik dinilai tidak bagus untuk perkembangan DPD.
 
"Ini sudah ada laporan penggunaan fasilitas DPD untuk kegiatan partai," kata anggota DPD dari daerah pemilihan Yogyakarta, Muhammad Afnan Hadikusumo dikutip Media Indonesia, Senin 17 April 2017.
 
Ia menyebut ada foto fasilitas DPD dibunakan untuk keperluan parpol. Kegiatan yang menyalahi aturan itu sudah beredar luas dan menuai banyak protes.
 
"Secara kode etik tidak boleh (fasilitas negara untuk kegiatan partai politik). Fasilitas negara, ya untuk negara, bukan untuk partai," tegasnya.
 
Afnan memperkirakan anggota DPD yang kini menjadi anggota partai  kurang lebih 65 orang. "Ya, sekitar 65 anggota. Hampir sepertiga (dari total anggota DPD/132 orang). Ini tidak bagus untuk perkembangan DPD ke depan," ujarnya.
 
Anggota DPD lainnya, Asri Anas, menyebut anggota DPD yang berlatar belakang parpol rawan menyalahgunakan fasilitas DPD untuk kepentingan partainya. Apalagi, saat ini anggota DPD yang bergabung dengan partai politik semakin bertambah.
 
"Fungsi dan tugas DPD ialah menyuarakan aspirasi daerah dalam konteks region. Kan lucu anggota DPD reses ke daerah, diikutkan kepentingan rapat konsolidasi partai. Itu pasti udah tumpang tindih kepentingan, dong," terang senator asal Sulawesi Barat itu.

Karena itu, ia mendorong agar anggota DPD sebaiknya tidak berasal dari kalangan parpol.
 
Apalagi, beberapa waktu lalu, kata dia, beredar foto fasilitas DPD di provinsi tertentu digunakan untuk rapat konsolidasi partai.
 
(FZN)

Saat Setnov Tak Menjawab Pertanyaan Hakim Tipikor

Saat Setnov Tak Menjawab Pertanyaan Hakim Tipikor

12 minutes Ago

Setya Novanto menjalani sidang perdana sebagai terdakwa dalam kasus dugaan korupsi KTP-el. Namu…

BERITA LAINNYA