Waspada Politik Uang Jelang Pilkada

   •    Kamis, 11 Jan 2018 10:52 WIB
pilkada 2018
Waspada Politik Uang Jelang Pilkada
Sejumlah pelajar menandatangani poster himbauan tolak politik uang saat Deklarasi Sahabat Pengawas Pemilu di Pekalongan, Jawa Tengah

Jakarta: Salah satu fokus Komisi Pemilihan Umum (KPU) menjelang pelaksanaan pilkada serentak 2018 adalah politik uang.

Komisioner KPU Ilham Saputra mengingatkan khususnya kepada pasangan calon yang akan maju dalam pilkada untuk tidak melakukan politik uang. Kepada masyarakat pun ia mengimbau agar tak menerima uang atau iming-iming barang yang diberikan oleh pasangan calon.

"Politik uang kalau terbukti secara nyata (pasangan calon) bisa didiskualifikasi. Itu hasil rekomendasi Bawaslu dan Sentra Gakkumdu," ujar Ilham, dalam Metro Pagi Primetime, Kamis 11 Januari 2018.

Ilham mengatakan larangan untuk melakukan politik uang tegas dinyatakan dalam Undang-undang. Pihaknya pun akan berkoordinasi dengan sejumlah lembaga di daerah untuk memastikan agar masyarakat tidak mengambil uang atau barang yang diiming-imingi oleh pasangan calon.

Hal ini juga dilakukan untuk memberikan pembelajaran pada masyarakat bahwa politik uang itu bukan hal yang diperbolehkan dan wajib. Pasangan calon yang melakukan politik uang semasa kampanye berpotensi korupsi ketika sudah terpilih menjadi kepala daerah.

"Itu yang harus dihindari. Masyarakt juga perlu diberikan pemahaman jangan ambil uangnya tetapi pilih sesuai nurani," katanya.

Ilham mengatakan pengawasan dalam pelaksanaan pilkada tetap akan dilakukan namun ketika masyarakat menemukan ada pasangan calon yang melakukan politik uang jangan segan untuk dilaporkan.

Sebab, sanksi bagi calon yang melakukan politik uang bisa dikenakan apabila masyarakat proaktif melakukan pelaporan.

"Jika masayrakat menemukan bisa melaporkan ke Bawaslu di daerah, kabupaten atau kota dan provinsi di mana pilkada diselenggarakan dan tentunya harus disertai bukti-bukti," ungkap Ilham.




(MEL)

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

1 week Ago

Vonis untuk Irvanto Hendra Pambudi dianggap lebih berat ketimbang vonis pelaku-pelaku utama&nbs…

BERITA LAINNYA