Jokowi Minta APBN 2018 Dijaga Bersama

Achmad Zulfikar Fazli    •    Rabu, 06 Dec 2017 20:07 WIB
rapbn 2018
Jokowi Minta APBN 2018 Dijaga Bersama
Presiden Jokowi. Foto: Antara/Aloysius Jarot Nugroho

Bogor: Anggaran Pendapatan Belanja Nasional (APBN) 2018 telah ditetapkan mencapai Rp2.220,7 triliun. Presiden Joko Widodo mengajak semua pihak menjaga uang tersebut, mulai dari perencanaan hingga penggunaan.
 
"Ini angka yang sangat besar. Oleh sebab itu, harus kita jaga bersama-sama," kata Jokowi dalam acara Penyerahan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) dan Buku Daftar Alokasi Transfer ke Daerah dan Dana Desa Tahun 2018 di Istana Bogor, Jawa Barat, Rabu, 6 Desember 2017.

Baca: Pilkada Serentak Tidak Memengaruhi APBN 2018

Kepala Negara memastikan telah menyerahkan DIPA ke 86 kementerian dan lembaga dengan nilai sebesar Rp847,4 triliun. Anggaran untuk Dana Desa juga telah diberikan ke pemerintah daerah dengan besaran Rp766,2 triliun.
 
Ia kembali mengingatkan anggaran tersebut sangat besar. Presiden meminta kepada semua pihak yang menerima anggaran tersebut untuk memperbaiki kualitas perencanaan dan penggunaannya. Dengan begitu, segala persoalan yang pernah terjadi tak lagi terulang.
 
"Kesalahan-kesalahan yang sangat kebangetan sekali kalau kita sudah tahu kalau itu keliru, kalau itu salah, (tapi) masih kita ulang-ulang," katanya.




(FZN)