Perjuangan Ahok jadi Teladan Caleg

M Sholahadhin Azhar    •    Rabu, 10 Oct 2018 00:57 WIB
pilegpemilu serentak 2019
Perjuangan Ahok jadi Teladan Caleg
Kiri-kanan: Ananda Sukarlan (moderator), Ardhi Mahardika (caleg Golkar), Viani Limardi (caleg PSI), Cakra Yudi Putra (caleg PKPI), Melvis Rompie (caleg Hanura), dan Setiabudi Nurdin (caleg NasDem). Foto: Medcom.id/M Sholahadhin Azhar.

Jakarta: Calon anggota legislatif (caleg) dari Partai Golkar Ardhi Mahardika menilai kepemimpinan Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) bisa menjadi inspirasi. Perjuangan Ahok selama menjadi Gubernur DKI Jakarta bisa diteladani, utamanya bagi para caleg yang akan bertarung di Pileg 2019.

"Pak Ahok tegas, terarah. Punya prinsip luwes dan kebijakannya bersifat kolektif," kata Ardhi dalam sebuah diskusi di Jakarta Selatan, Selasa, 9 Oktober 2018.

Caleg dari PSI Viani Limardi pun mengemukakan pandangan serupa. Menurutnya, pola pikir dan kepemimpinan Ahok berpihak pada masyarakat.

"Ahok berani menyuarakan kebenaran, dan itu kualitas pemimpin sejati. Karena memimpin bukan sekadar menang atau kalah," katanya.

Sementara caleg dari PKPI, Cakra Yudi Putra menyampaikan kinerja Ahok selama menjadi DKI-1 menggambarkan kepemimpinan yang memihak masyarakat. Misalnya, soal ruang terbuka hijau yang diinisiasi Ahok. 

Maka tugas caleg, kata Cakra, memastikan hal serupa bisa dilanjutkan. Atau paling tidak mengedepankan program yang memihak pada pelayanan masyarakat.

"Follow up program seperti apa, itu yang harus kita lanjutnya," kata Cakra.

Setali tiga uang dengan caleg Hanura, Melvis Rompie. Soal tata tertib, jelas dia, Ahok pernah menegur anggota DPRD DKI yang tak sepakat dengan penataan Tanah Abang. Padahal anggota DPRD tersebut telah meneken perda mengenai ketertiban umum.

"Dia itu punya spirit bertarung, Ahok ini petarung sejati," kata Melvis.

Caleg NasDem Setiabudi Nurdin menyebut tak ada pihak yang sanggup menyaingi konsistensi Ahok. Meski tengah menjalani hukuman, namun semangat Ahok masih menjalar.

"Ahokers kalau mau maju jangan menerikakkan Ahok, tapi meneriakkan nilai-nilai kemanusiaan yang diperjuangkan Ahok," tutup dia.


(HUS)

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

1 week Ago

Vonis untuk Irvanto Hendra Pambudi dianggap lebih berat ketimbang vonis pelaku-pelaku utama&nbs…

BERITA LAINNYA