10 Provinsi dengan Indeks Demokrasi Terbaik

Meilikhah    •    Rabu, 30 Nov 2016 13:11 WIB
indeks demokrasi
10 Provinsi dengan Indeks Demokrasi Terbaik
Pemimpin daerah yang menerima penghargaan Indeks Demokrasi 2015. Foto: MTVN/Meilikhah

Metrotvnews.com, Jakarta: 10 provinsi, yakni Nusa Tenggara Timur, Jawa Timur, Sumatera Selatan, Sumatera Barat, Kalimantan Timur, Bali, DKI Jakarta, DI Yogyakarata, Papua, dan Papua Barat, meraih penghargaan Indeks Demokrasi 2015.

"Tim indikator melakukan penilaian dan mendapatkan laporan ada 10 provinsi mendapat predikat juara dalam rangka Indeks Demokrasi Indonesia," kata Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Wiranto, usai memberikan penghargaan di Jakarta, Rabu (30/11/2016).

Sepuluh provinsi tersebut dinilai berhasil menyelenggarakan pemerintahan yang mengedepankan aspek kebebasan sipil dan penyelenggaraan demokrasi.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Badan Pusat Statistik Suharyanto mengatakan, meskipun indeks demokrasi Indonesia menurun jika dibandingkan tahun sebelumnya, secara umum proses penyelenggaraan demokrasi di Indonesia lebih baik.

"Aspek kebebasan sipil menurun karena terjadinya penentangan kebebasan menyatakan pendapat yang seharusnya bisa dikurangi," kata Suharyanto.

Larangan menyampaikan pendapat oleh aparat atau masyarakat masih kerap terjadi. Termasuk larangan yang ditujukan kepada pers saat melakukan peliputan seperti intimidasi, perampasan alat kerja, hingga kekerasan.

Perkembangan demokrasi di Indonesia selama 2015 menurun 0,22 persen, dari 73,04 pada 2014 menjadi 72,82 pada 2015. Angka Indeks Demokrasi Indonesia (IDI) mencerminkan baik atau tidaknya fungsi demokrasi dengan skala 0-100.

Semakin mendekati 100, berarti peran pemerintah dan masyarakat membangun demokrasi semakin baik. Sebaliknya, semakin mendekati nol berarti fungsi demokrasi makin menemui banyak hambatan.


(TRK)

Ahok Tegaskan tak Pernah Umbar Janji saat Kampanye

Ahok Tegaskan tak Pernah Umbar Janji saat Kampanye

48 minutes Ago

Dia menegaskan hanya menyampaikan kinerjanya saat menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta defenit…

BERITA LAINNYA