Djarot Sebut tak Ada yang Salah Menang 90 Persen di 480 TPS

Riyan Ferdianto    •    Senin, 20 Mar 2017 19:44 WIB
pilgub dki 2017
Djarot Sebut tak Ada yang Salah Menang 90 Persen di 480 TPS
Cawagub DKI Jakarta nomor urut 2 Djarot Saiful Hidayat blusukan ke Kampung Jawa, Karet, Setiabudi, Jaksel. Foto: MTVN/Wanda Indana

Metrotvnews.com, Jakarta: Calon Wakil Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat tak mau banyak komentar soal kemenangan 90 persen pasangan nomor urut dua di 480 TPS pada Pilkada DKI 2017 putaran pertama yang dianggap lucu oleh Calon Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Kemenangan itu sesuai kondisi nyata. 

"Kan emang kondisinya seperti itu kok," kata Djarot di Pejaten Timur, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Senin, 20 Maret 2017.

Djarot menuturkan, kemenangan 90 persen suara bukan kali ini saja terjadi. Pada pemilihan Gubernur 2012, pasangan Joko Widodo - Basuki Tjahaja Purnama alis Ahok banyak menang di TPS hingga lebih dari 90 persen. 

Dia merasa heran kalau kemenangan mutlak Ahok-Djarot di 480 TPS dianggap lucu. Sebab, tiap TPS pasti memiliki saksi dari tiap paslon. 

Bila ada yang janggal, saksi paslon pasti melaporkan. "Lucu aja, kan ada saksinya, makanya itu, lha iya, 480 TPS diawasi nggak? Diawasi dong, masa itu di hutan belantara milihnya, kan enggak juga, kan milihnya di keramaian, ada pengawasnya juga," ujar Djarot

Untuk itu kata dia tidak ada yang salah dari kemenangan mutlak di 480 TPS. Sebab saat ini masyarakat sudah tahu harus memberikan suara pada pemimpin yang dirasa pantas. 

"Kalau misalnya 98 persen kenapa? Kalau mereka memilih pasangan nomor dua, emang ada yang salah? Ya enggak ada dong. Kalau orang milih pasangan nomor dua sampai 100 persen boleh enggak? Boleh. Enggak lucu dong, nyata itu. Makanya pertanyaannya gampang, yang lucu siapa? yang ngomong yang lucu," tandas Djarot.

Sebelumnya, Anies Baswedan menganggap kemenangan Basuki Tjahaja Purnama - Djarot Saiful Hidayat sebanyak 90 persen di 480 TPS dianggap lucu. Pada putaran kedua, Anies mengajak pendukungnya menjaga suara. 

"Kenapa saya sampaikan ini? Ada 480 lebih TPS yang angka kemenangannya di atas 90 persen. Mungkin nggak di tempat itu 90 persen menang? Bapak-ibu, ini lucu. Tapi saya juga tidak tahu apa yang terjadi. Makanya saya bilang lucu," ujar Anies.

Anies menganggap kemenangan 90 persen di 480 TPS hal yang tidak biasa. Sebab kata dia bila paslon lebih dari dua, maka saling berbagi suara. 

"Di mana-mana kalau pilkada itu, nomor satu kalau menang nih, dapat 55 persen. Sisanya bagi dua. Menang 60 persen, yang 40 dibagi dua. Itu umumnya begitu. Tapi nomor dua ada 480 TPS lebih yang angkanya di atas 90 persen. Karena itu kita jaga sama-sama," tambah dia.



(REN)

KPK Masih Telusuri Dugaan Keterlibatan 7 Penyidik di Kasus KTP-el

KPK Masih Telusuri Dugaan Keterlibatan 7 Penyidik di Kasus KTP-el

4 hours Ago

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memastikan pemeriksaan internal terhadap tujuh orang penyidi…

BERITA LAINNYA