Komisi II Belum Satu Suara Bahas Isu Pokok RUU Pemilu

M Sholahadhin Azhar    •    Senin, 20 Mar 2017 20:47 WIB
revisi uu pemilu
Komisi II Belum Satu Suara Bahas Isu Pokok RUU Pemilu
Ketua DPP PAN Yandri Susanto -- ANTARA FOTO/Wahyu Putro

Metrotvnews.com, Jakarta: Komisi II DPR terus mengejar pembahasan Revisi Undang-undang Pemilihan Umum (Pemilu) yang ditargetkan selesai sekitar 30 hari lagi. Anggota Komisi II DPR RI, Yandri Susanto menyebut pembahasan masih seputar isu pokok. 

Pembahasan isu pokok itu seperti Presidential Threshold dan Parlementery Threshold. Serta sistem tertutup dan terbuka dalam Pemilihan Legislatif (Pileg).

Politikus PAN itu menyebut masih ada tarik menarik dalam pembahasan. Yandri membeberkan dalam sistem terbuka tertutup misalnya, ada delapan fraksi yang setuju terbuka sementara hanya dua yang memilih model tertutup. 

Adapun Parlementery Threshold ada fraksi yang menginginkan tiga persen, lima persen dan tujuh persen. "Ya nanti kalau tidak mufakat bisa voting, tapi saya yakin dengan lobi bisa," beber Yandri di Gedung DPR, Jakarta, Senin 20 Maret 2017. 

Yandri menyebut, di luar isu pokok itu sudah ada kesepemahaman. Misalnya tahapan penghitungan suara, penyelenggaraan Pemilu, Komisi Pemilihan Umum (KPU), Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) beserta anggaran untuk pesta demokrasi.

Dia mengaku tak kesulitan menyamakan persepsi dengan rekan sesama politikus. "Untuk menyamakan persepsi dengan partai agak gampang, karena tak terlalu prinsip," tambah dia. 


(REN)

KPK Masih Telusuri Dugaan Keterlibatan 7 Penyidik di Kasus KTP-el

KPK Masih Telusuri Dugaan Keterlibatan 7 Penyidik di Kasus KTP-el

9 hours Ago

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memastikan pemeriksaan internal terhadap tujuh orang penyidi…

BERITA LAINNYA