Ditunjuk Jadi Dubes, Yuddy Chrisnandi Belajar Politik Luar Negeri

Al Abrar    •    Senin, 28 Nov 2016 17:13 WIB
duta besar
Ditunjuk Jadi Dubes, Yuddy Chrisnandi Belajar Politik Luar Negeri
Yuddy Chrisnandi -- ANT/Yudhi Mahatma

Metrotvnews.com, Jakarta: Mantan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Yuddy Chrisnandi ditunjuk Presiden Joko Widodo sebagai Duta Besar Ukraina. Yuddy mengaku akan belajar politik luar negeri, termasuk bertanya ke dubes sebelumnya dan anggota DPR.

"Kita harus banyak tanya ke mereka (dubes dan anggota DPR), yang lebih tahu," kata Yuddy saat ditemui di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (28/11/2016)

Yuddy mengaku, kehadirannya di Kompleks Parlemen untuk menanyakan uji kelayakan dan kepatutan calon duta besar yang akan diselenggarakan Komisi I DPR. Yuddy pernah menjabat menjadi anggota komisi bidang luar negeri tersebut.

"Apa saja yang harus disiapkan, kan harus belajar, harus dipersiapkan bahan-bahannya, formatnya. Barangkali ada perubahan format untuk paparannya," ungkap politikus Partai Hanura ini.

Menurut Yuddy, dirinya juga akan belajar soal konflik yang sedang terjadi antara Ukraina dengan Rusia. "Saya kan baru tahu ditempatkan di sana (Ukraina) minggu lalu, jadi perlu waktu untuk belajar," ucapnya.

Surat penunjukan 23 calon duta besar telah berada di meja pimpinan DPR. Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah menyebut, ia bersama pimpinan lain segera menggelar rapat untuk membahas surat Presiden Jokowi itu.

(Baca: Surat Penunjukan 23 Calon Dubes sudah Diserahkan ke DPR)


(NIN)