Gubernur Soekarwo tak Bisa Larang Warganya Ikut Aksi 2 Desember

Meilikhah    •    Rabu, 30 Nov 2016 14:52 WIB
unjuk rasa
Gubernur Soekarwo tak Bisa Larang Warganya Ikut Aksi 2 Desember
Gubernur Jawa Timur Soekarwo . Foto: MI/Ari Bowo Sucipto

Metrotvnews.com, Jakarta: Gubernur Jawa Timur Soekarwo mengaku tak bisa melarang warganya ikut aksi 2 November di Monas, Jakarta Pusat. Sebab, aksi menyampaikan pendapat merupakan hak warga negara.
 
"Saya enggak bisa melarang. Tapi kami minta mereka mematuhi kewajiban keseimbangan antara hak dan kewajiban. Itu diatur dalam konstitusi kita," kata Soekarwo, usai menerima penghargaan Indeks Demokrasi Indonesia, di Puri Ratna Ballroom Grand Sahid Jaya, Jakarta, Rabu (30/11/2016).
 
Soekarwo mengatakan, dirinya hanya mengimbau agar warga yang ikut aksi 2 Desember taat pada aturan dan tata tertib yang sudah diatur pemerintah.
 
Dia mengaku sudah mengajak seluruh warga Jawa Timur yang akan ikut aksi 2 Desember berdialog. Bahkan, pihaknya sempat melakukan istigasah bersama warga. Dia memastikan tidak ada aksi serupa yang dilakukan di Surabaya.
 
"Jadi substansinya, permasalah keadilan silakan diangkat, kami tidak mau anarkis. Hak demonstrasi harus berbanding lurus dengan kewajiban yang dilakukan," ujarnya.



(FZN)