Mendagri: Peserta Pemilu Harus Percaya KPU

Dheri Agriesta    •    Selasa, 08 Jan 2019 18:12 WIB
kpupilpres 2019hoax
Mendagri: Peserta Pemilu Harus Percaya KPU
Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo--MI/Susanto

Jakarta: Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo mengatakan Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah diberi mandat sebagai lembaga penyelenggara pemilu. Peserta pemilu pun seharusnya mempercayai penyelenggaraan itu kepada KPU.

"Harusnya partai politik, termasuk capres cawapres, tim suksesnya ya harus percaya penuh pada KPU. Jangan apa yang disepakati di rapat beda apa yang disampaikan di luar," kata Tjahjo di Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa, 8 Januari 2018.

Tjahjo yakin KPU bekerja dengan baik. Tak ada keputusan KPU yang menyimpang dari aturan yang telah ditetapkan sebelumnya.

Baca: Jubir TKN Minta Polri Periksa Andi Arief

Ia pun meminta peserta pemilu tak mencurigai setiap keputusan yang dibuat KPU. Apalagi, sampai membuat kabar bohong yang dapat mengganggu penyelenggaraan pemilu.

"Jangan mencurigai apalagi mendramatisir. Apalagi membuat hal seperti kemarin, nyetak kartu saja belum, kok belum-belum sudah tujuh kontainer (surat suara tercoblos)," kata dia.

Tjahjo menyebut ada upaya mendelegitimasi KPU dengan berbagai serangan hoaks yang dilayangkan. Tjahjo pun menyarankan KPU bersikap tegas terhadap penyebar hoaks yang berpotensi mengganggu jalannya pemilu.

"Kemarin sudah sepakat dengan KPU sekecil apapun kalau ada berita fitnah, apalagi berita berita  sifatnya berujar kebencian, fitnah, berita hoaks lapor saja kepada kepolisian. Dalam waktu 1x24 jam bisa kok," jelas Tjahjo.


(YDH)