Wapres Terima Kunjungan Gubernur Ehime

Achmad Zulfikar Fazli    •    Senin, 14 Jan 2019 20:27 WIB
indonesia dan jepang
Wapres Terima Kunjungan Gubernur Ehime
Gubernur Ehime Tokihiro (pertama dari kiri), Wapres Jusuf Kalla (kedua dri kiri), Nurdin Abdullah (ketiga dari kiri). Medcom.id/ Achmad Zulfikar

Jakarta: Wakil Presiden Jusuf Kalla menerima kunjungan Gubernur Ehime Jepang, Tokihiro Nakamura di Kantor Wakil Presiden, Jakarta. Dalam kesempatan itu, Tokihiro menyampaikan investasi yang telah diberikan para pengusaha Ehime di Indonesia.

Total ada sebanyak 17 perusahaan yang menjalin kerja sama di Indonesia. Dari total tersebut 15 di antaranya sudah membangun pabrik di Indonesia.

"Dan di antara pelaku usaha yang bersangkutan juga ikut hadir di dalam pertemuan ini," ujar Tokihiro dalam pertemuan dengan Kalla, Jakarta, Senin, 14 Januari 2019.

Ehime, lanjut dia, melalui Ehime Toyota Motors juga pernah memberikan mobil ambulans dan pemadam kebakaran untuk Kabupaten Bantaeng, Sulawesi Selatan (Sulsel). Total ada 155 kendaraan yang dikirimkan.

Seluruh kendaraan itu diberikan lewat Nurdin Abdullah, saat masih menjabat sebagai Bupati Bantaeng. Mobil hibah tersebut, kata dia, tidak hanya dimanfaatkan untuk warga Bantaeng. Namun mobil itu juga digunakan oleh daerah-daerah lain di sekitar Bantaeng.

Tokihiro mengetahui Kalla berasal dari Sulsel. Karena itu, dia menemui Kalla untuk melaporkan Ehime akan menjajaki kerja sama dengan Sulsel.

Kalla pun menyambut baik rencana dan investasi yang sudah diberikan Ehime. Kerja sama investasi itu dinilai akan membuat Jepang dan Indonesia semakin maju.

"Indonesia dengan penduduk yang besar 260 juta, dan juga mempunyai kemampuan pasar yang besar dan juga produktivitas dan tentu itu merupakan suatu kerja sama yang sangat baik," kata Kalla.

Dia berharap Indonesia pada masa mendatang bisa mengambil manfaat yang lebih banyak di sektor perdagangan, meskipun Tiongkok dan Amerika Serikat kini tengah mengalami perang dagang.

"Dan sekali lagi juga, terima kasih atas nanti kunjungan ke Sulawesi, dan tentu teman Anda ini (Nurdin Abdullah) yang dulu Bupati sekarang jadi Gubernur, sekarang tentu membutuhkan kerja sama karena di Sulawesi Selatan juga ada beberapa investasi dari Jepang yang akan lebih banyak lagi nanti pada waktunya," ujar dia.


(SCI)

KPK Periksa Eks Pejabat Kemendagri terkait KTP-el

KPK Periksa Eks Pejabat Kemendagri terkait KTP-el

2 weeks Ago

KPK memanggil Sekretaris Direktur Jenderal Administrasi Kependudukan Kementerian Dalam Neg…

BERITA LAINNYA