2 Cawagub Baru DKI Jakarta Pengganti Sandiaga Belum Disepakati

Cindy    •    Rabu, 06 Feb 2019 11:19 WIB
Pengganti Sandiaga Uno
2 Cawagub Baru DKI Jakarta Pengganti Sandiaga Belum Disepakati
Ilustrasi DKI - Medcom.id

Jakarta: Rangkaian uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) calon wakil gubernur DKI Jakarta sudah rampung. Saat ini, tim panelis sedang menggodok dua nama dari tiga calon. 

Ketua Umum DPW Partai Keadilan Sejahtera (PKS) DKI Jakarta Syakir Purnomo menyebut dua nama calon wakil gubernur ditargetkan muncul pada 10 Februari 2019. Setelah itu, PKS dan Partai Gerindra bakal menandatangani berkas penentuan cawagub pengganti Sandiaga Uno. 

"Selanjutnya, (berkas) akan diserahkan kepada Gubernur Anies Baswedan untuk diteruskan kepada DPRD. Agar bisa diputuskan dalam Sidang Paripurna," ucap Syakir di Jakarta, Rabu, 6 Februari 2019. 

Rangkaian fit and proper test telah dilakukan pada 27 Januari 2019 di Hotel Aston Priority, Jakarta Selatan. Tiga kandidat, yang semuanya berasal dari PKS, yakni Abdurrahman Suhaimi, Agung Yulianto dan Achmad Syaikhu menjalani uji selama tiga jam. 

(Baca juga: Golkar Menghendaki Wagub DKI yang Berwibawa)

Mereka diuji seputar Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD), isu-isu Jakarta dan solusi menghadapinya. Adapun uji dilakukan oleh Wakil Ketua DPD Gerindra DKI Jakarta Syarif, Peneliti LIPI Siti Zuhro, Pakar Kebijakan Publik Eko Prasojo dan Pengamat Politik Ubedillah Badrun.

Lalu, pada 3 Februari 2019, tim panelis mengadakan Focus Group Discussion (FGD) dengan sejumlah tokoh di Jakarta. Ini untuk mendengarkan masukan maupun saran terkait bakal cawagub DKI. 

(Baca juga: Demokrat-PAN Minta Wagub DKI Terpilih Tak Elitis)

Beberapa tokoh Jakarta yang hadir yakni Pengamat Kebijakan Publik Amir Hamzah, Ketua Dewan Kehormatan PWI Kamsul Hasan, Pengamat Tata Kota Yayat Supriatna, Akademisi Budi Wibowo, Pengusaha Sugianto, Serikat Pedagang Pribumi Sejahtera Rakhmat, Humanika M. Sidik. 

"Hasil dari FGD ini ke depan akan digunakan sebagai bahan pertimbangan panelis dalam mengusulkan dua dari tiga nama cawagub kepada pimpinan partai (PKS dan Gerindra)," kata Syakir.


(REN)

KPK Periksa Eks Pejabat Kemendagri terkait KTP-el

KPK Periksa Eks Pejabat Kemendagri terkait KTP-el

3 weeks Ago

KPK memanggil Sekretaris Direktur Jenderal Administrasi Kependudukan Kementerian Dalam Neg…

BERITA LAINNYA