Anggota MPR Harus Miliki Sikap Kenegarawanan

Gervin Nathaniel Purba    •    Jumat, 23 Sep 2016 15:31 WIB
mpr ads
Anggota MPR Harus Miliki Sikap Kenegarawanan
Sesjen MPR RI Ma`ruf Cahyono (Foto:MI/Mohamad Irfan)

Metrotvnews.com, Jakarta: Sejak reformasi bergulir, MPR RI tidak lagi menjadi lembaga tertinggi negara. Posisinya sama seperti lembaga negara lain sesuai Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.

Kewenangan MPR yang sebelumnya bisa memilih presiden, kini tidak ada lagi. Presiden dipilih langsung oleh rakyat. Walau begitu, MPR tetap memiki tugas dan wewenang strategis.

"Seperti mengubah UUD NRI Tahun 1945,  mengangkat, dan memberhentikan presiden, juga melaksanakan sosialisasi Empat Pilar, melaksanakan kajian sistem ketatanegaraan, serta menyerap aspirasi masyarakat," ujar Sekretaris Jenderal (Sesjen) MPR Ma'ruf Cahyono di Jakarta, Jumat (23/9/2016).

Untuk menjalankan tugasnya itu, MPR memiliki visi rumah kebangsaan, pengawal ideologi dan kedaulatan rakyat. Karena itu sudah sewajarnya kalau di MPR berkumpul orang-orang dengan pikiran baik demi bangsa dan negara.

"Dalam posisi anggota MPR, semua harus melaksanakan kewenangan, sesuai UU, bukan bukan berdasar pikiran  partai politik semata", kata Ma'ruf.

Hal senada disampaikan oleh Ketua Lembaga Pengkajian MPR RI Rully Chairul Azwar. Setiap anggota MPR harus memiliki sikap kenegarawanan, mengutamakan kepentingan bangsa dan negara, serta  senantiasa memikirkan kebaikan bagi masyarakat.

Dalam melaksanakan kegiatannya MPR juga selalu menggariskan pada undang-undang yang berlaku. Yang semuanya itu berdasarkan pada Pancasila.

"Apa yang dilakukan MPR tidak boleh bertentangan dengan pancasila. Baik yang dasarnya keputusan MPR sendiri, UU apalagi UUD NRI 1945", jelasnya.


(ROS)

Roemah Joeang Dijadikan Tempat Menyerap Aspirasi Masyarakat Jakarta
Pilkada Serentak 2017

Roemah Joeang Dijadikan Tempat Menyerap Aspirasi Masyarakat Jakarta

33 minutes Ago

Roemah Joeang ini akan dijadikan tempat menyerap aspirasi masyarakat terkait program-program DK…

BERITA LAINNYA
Video /