MKD Resmi Pecat Ivan Haz

M Rodhi Aulia    •    Kamis, 21 Apr 2016 21:26 WIB
penganiyaan
 MKD Resmi Pecat Ivan Haz
Anggota DPR Komisi IV Fraksi Partai Persatuan Pembangunan Fanny Safriansyah atau Ivan Haz (tengah) usai menjalani pemeriksaan di Polda Metro Jaya, Jakarta, Senin (29/2). Foto: Antara/Teresia May

Metrotvnews.com, Jakarta: Mahkamah Kehormatan Dewan memecat Ivan Haz dari keanggotaannya di DPR. Pemecatan ini diambil dalam rapat pleno MKD hari ini.

"MKD menerima laporan panel yang disampaikan oleh ketua panel dengan tata beracara," kata Ketua MKD Surahman Hidayat di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (21/4/2016).

Menurut Surahman, dalam rapat pleno tersebut tidak ada satu pun peserta yang menolak putusan tersebut. Bahkan hanya untuk sekadar mengomentari putusan pun tidak ada.

Surahman menegaskan, putusan itu akan dibawa ke Rapat Paripurna terdekat untuk mendapatkan pengesahan pemberhentian pria yang memiliki nama asli Fanny Safriansyah itu. Surahman meyakini putusan itu sudah objektif karena tim panel terdiri dari unsur DPR dan masyarakat.

"Akhirnya paripurna yang memutuskan, menerima atau tidak. Dari sisi etika atau hukum, masyarakat sudah bisa menyimpulkan," ungkap dia.

Rabu, 20 April, Tim Panel MKD sepakat menjatuhkan sanksi berat berupa pemecatan terhadap politikus PPP ini. Pasalnya Ivan terbukti melanggar kode etik atas tindak pidana penganiayaan asisten rumah tangganya.

Tidak hanya itu, Tim Panel juga memastikan Ivan adalah salah satu anggota DPR yang paling rajin bolos dari sejumlah agenda dan rutinitas kedewanan. Tak pelak, ada 36 konsideran dan landasan terkait pemecatan Ivan ini.


(ALB)