Nazaruddin Dituding Bersekongkol dengan KPK

Whisnu Mardiansyah    •    Selasa, 20 Feb 2018 20:37 WIB
korupsi e-ktp
Nazaruddin Dituding Bersekongkol dengan KPK
Muhammad Nazarudin. Foto: MI/Adam Dwi

Jakarta: Wakil Ketua DPR RI Fahri Hamzah menuding Nazaruddin bersekongkol dengan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk menggerogoti satu per satu anggota DPR. Tudingan ini juga tak lepas dari ulah Nazaruddin yang mengaku punya bukti keterlibatan Fahri dalam kasus korupsi.

"Saya lihat modusnya itu adalah dalam rangka menggalang satu desain untuk membungkam, menakuti. Tapi ini dikendalikan oleh persengkongkolan," kata Fahri di Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Selasa 20 Februari 2018.

Fahri menuding Nazaruddin bekerja sama dengan oknum-oknum di internal KPK yang bagian dari timnya Nazaruddin. Menurut dia, oknum ini tidak hanya membantu tetapi juga berbisnis dengan mantan Bendahara Umum Partai Demokrat itu. 

"Jadi, akhirnya DPR ini dihancurkan namanya," ucap Fahri.

Baca: Nazaruddin dan Mekeng Berdebat soal Anggaran Proyek KTP-el

Menilik kasus Nazaruddin, kata dia, KPK seharusnya menelusuri akar korupsi yang melibatkan bekas anggota DPR RI itu. Seperti analisis mantan Ketua KPK Busyro Muqoddas, lanjut dia, Nazarudin terlibat dalam 40 kasus besar korupsi yang terikat satu sama lainnya. 

"Grand corruption Nazar ini sudah menjadi lampiran resmi dari laporan panitia angket KPK. Sudah menjadi lampiran resmi. Karena ini disampaikan oleh salah satu saksi," pungkasnya.

Baca: KPK Kantongi Nama Ketua Fraksi Penikmat KTP-el

Nazaruddin sebelumnya mengaku tengah menyiapkan berkas soal dugaan korupsi yang dilakukan oleh Fahri. Ia mengaku bakal menyerahkan berkas tersebut ke KPK. 

Nazaruddin menjelaskan dugaan korupsi tersebut dilakukan oleh Fahri saat masih berada di Komisi Hukum periode 2009-2014. Saat itu, Fahri menjabat sebagai wakil ketua Komisi III. 

Nazaruddin sesumbar punya bukti kuat soal dugaan korupsi Fahri. Ia juga mengklaim dapat membuktikannya, sebab ia yang menyerahkan langsung uang itu kepada Fahri. 




(AZF)

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

1 week Ago

Vonis untuk Irvanto Hendra Pambudi dianggap lebih berat ketimbang vonis pelaku-pelaku utama&nbs…

BERITA LAINNYA