PDI Perjuangan Percayakan Keputusan Cawapres Jokowi kepada Megawati

Arga sumantri    •    Selasa, 13 Mar 2018 15:20 WIB
pilpres 2019
PDI Perjuangan Percayakan Keputusan Cawapres Jokowi kepada Megawati
Wasekjen PDI Perjuangan Eriko Sotarduga/MI/Mohamad Irfan

Jakarta: Sejumlah nama yang digadang-gadang bakal menjadi calon wakil presiden Joko Widodo pada Pilpres 2019 bermunculan. PDI Perjuangan tak lagi membahas karena menyerahkan semua keputusan pada petinggi partai.

"Bicara secara formal, kami kan tidak lagi membicarakan itu dalam hal yang formal, karena sudah menyerahkan sepenuhnya kepada ibu Ketua Umum (Megawati Soekarnoputri)," kata Wasekjen PDI Perjuangan Eriko Sotarduga di Ruang Fraksi PDI Perjuangan, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa, 13 Maret 2018.

Baca: Mensesneg Mengakui Ikut Menelaah Kriteria Cawapres Jokowi

Eriko menekankan partai banteng moncong putih mematok tiga kriteria pokok calon pendamping Jokowi. Pertama, harus memiliki visi selaras dengan Jokowi.

"Karena bagaimanapun juga ini kan kerja sama dwitunggal yang tidak boleh terpecah di dalam pertengahan jalan. Kemudian saling mengisi satu dengan yang lain," ujar Eriko.

Baca: PPP Kirim Kriteria Cawapres ke Tim Perumus Jokowi

PDI Perjuangan juga menginginkan cawapres Jokowi mendapat lampu hijau dari seluruh partai koalisi. Mereka tak mau dan tak akan bisa mengusung sendiri capres dan cawapres.

"Karena tidak ada satu pun partai yang bisa memajukan calonnya sendiri," ucap dia.

Kriteria berikutnya ialah memiliki visi menjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Eriko mengatakan kondisi bangsa saat ini membutuhkan pemimpin yang benar-benar pro-NKRI.

"Bagaimanapun juga kalau kita melihat situasi saat ini penting sekali untuk menjaga keutuhan dan harmonisasi NKRI ini," ucap dia.


(OJE)