Politisi NasDem: Pemerintah tak Diuntungkan atas Kehadiran PAN

Astri Novaria    •    Jumat, 03 Nov 2017 15:33 WIB
kabinet jokowi-jk
Politisi NasDem: Pemerintah tak Diuntungkan atas Kehadiran PAN
Ketua DPP Partai NasDem Irma Suryani Chaniago (kanan). Foto: MI/Arya Manggala

Metrotvnews.com, Jakarta: Ketua DPP Partai NasDem Irma Suryani Chaniago mendukung pernyataan Amien Rais. Menurutnya, ucapan dedengkot Partai Amanat Nasional (PAN) itu benar soal posisi PAN lebih tepat berada luar pemerintahan.

"Saya kira bagus sarannya. Untuk apa gabung dengan pemerintah jika semua keputusan yang diambil oposisi?" ujar Irma, Jumat 3 November 2017.

Menurutnya, pemerintah tak diuntungkan dengan kehadiran PAN dalam koalisi. Alasannya, PAN kerap membuat keputusan yang bertentangan dengan pemerintah.

Namun, Irma menuturkan reshuffle merupakan hak prerogatif Presiden RI Joko Widodo. PAN memiliki satu kursi di kabinet, yakni Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Asman Abnur.

"Dampak apa? Toh selama ini enggak mendukung pemerintah meski berada di koalisi. Saya kira sebaiknya PAN mundur saja dari kabinet sebelum reshuffle karena itu akan lebih elegan," ujar Irma.

Baca: Amien Rais Setuju PAN Keluar Koalisi

PAN beberapa kali membuat keputusan di luar kebijakan pemerintah. Terakhir, saat pengambilan keputusan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perppu) Nomor 2 tahun 2017 tentang Organisasi Kemasyarakatan (Ormas), PAN menolak agar Perppu tersebut menjadi undang-undang.

Sebelumnya, partai pimpinan Zulkifli Hasan ini juga berbeda sikap saat pengambilan keputusan UU Pemilu.




(UWA)

MKD Tunda Pembahasan Nasib Novanto di DPR

MKD Tunda Pembahasan Nasib Novanto di DPR

47 minutes Ago

Salah satu yang akan dibahas dalam rapat MKD itu adalah status Setya Novanto sebagai kasus koru…

BERITA LAINNYA