Yasonna: Isu PKI Mimpi di Siang Bolong

Yogi Bayu Aji    •    Selasa, 19 Sep 2017 17:21 WIB
komunisme
Yasonna: Isu PKI Mimpi di Siang Bolong
Menkumham Yasonna H. Laoly. Foto: MI/Arya Manggala.

Metrotvnews.com, Jakarta: Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly meminta publik tenang menyikapi isu Partai Komunis Indonesia (PKI) yang menguat tiap menjelang 30 September. Masyarakat diharapkan tidak takut terhadap isu itu.

"Isu PKI itu kan mimpi di siang bolong. Itu untuk apa dibangkit-bangkitkan hantu yang sudah mati? Lihat saja di dunia ini. Mana ada lagi yang dikatakan PKI," kata Yasonna di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Selasa 19 September 2017.

Menurut dia, PKI sudah dinyatakan terlarang oleh undang-undang dan TAP MPRS Nomor 25 Tahun 1966. PKI pun, kata dia, sudah tinggal menjadi sejarah. 

Politikus PDI Perjuangan ini tak ingin isu ini terus menjadi permainan politik yang justru menguras energi rakyat. Dia menyarankan semua pihak lebih baik berkontribusi bagi bangsa sesuai perannya masing.

Dia menilai, pengepungan di Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Jakarta pada Minggu 17 September 2017 terjadi karena ada pihak-pihak yang mengeksploitasi isu PKI. Yasonna menyayangkan hal itu terjadi.

"Jadi kan kehabisan isu jadi dieksploitasilah. Banyak kerjaan positif yang bisa kita kerjakan. Enggak usah susah-susah menciptakan yang tidak jelas," jelas dia.

Yasonna pun tak ambil pusing soal penayangan kembali film soal G30S/PKI yang diproduksi di era orde baru diputar kembali. Publik diyakini sudah cukup bijak dalam menyikapi polemik yang ada dalam film tersebut. 



(OGI)