PKB Nilai Wajar Peningkatan Dana Bantuan Parpol

Faisal Abdalla    •    Selasa, 18 Jul 2017 09:05 WIB
dana bantuanparpol
PKB Nilai Wajar Peningkatan Dana Bantuan Parpol
Sekretaris Jenderal PKB Abdul Kadir Karding. MTVN/Faisal Abdalla.

Metrotvnews.com, Jakarta: Pemerintah berencana menaikan dana bantuan untuk partai politik. Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) menilai, rencana pemerintah tersebut wajar mengingat peran partai politik dewasa ini.

Sekjen PKB Abdul Kadir Karding mengatakan, partai politik memiliki peranan penting dalam sistem politik Indonesia.

"Setelah dipelajari memang wajar saja dilakukan peningkatan. Parpol kan punya peranan penting. Parpol yang membuat Undang-Undang, Parpol juga yang melahirkan para komisioner, jadi wajar saja," kata Karding di Kantor DPP PKB, Cikini, Jakarta Pusat, Senin 17 Juli 2017.

Karding menambahkan, pemerintah telah melakukan kajian panjang dan mendalam terkait rencana peningkatan dana bantuan partai politik tersebut. Meski begitu, Karding meminta pemerintah memperhatikan besaran kenaikan dana bantuan.

Jangan sampai, besaran kenaikan dana melebihi kemampuan keuangan negara. Selain itu, Karding membantah tudingan kenaikan dana bantuan parpol untuk memuluskan kepentingan pemerintah di DPR, salah satunya RUU Pemilu.

"Pemerintah sudah koordinasi dengan banyak pihak terkait rencana ini termasuk dengan KPK. Jadi tidak ada hubungannya dengan RUU Pemilu, itu tuduhan picik," tegas Karding.

Sebelumnya pemerintah berencana menaikan dana bantuan parpol dari sebelumnya Rp 108 per suara menjadi Rp 1.000 per suara pada pemilu. Hal tersebut dilakukan karena Pemerintah memandang kenaikan dana parpol tersebut akan meminimalkan peluang partai politik mencari pendanaan lain yang berpotensi melanggar hukum.


(DRI)