Ketua DPR Persilakan UU MD3 Diuji Materi ke MK

Arga sumantri    •    Selasa, 13 Mar 2018 13:40 WIB
uu md3
Ketua DPR Persilakan UU MD3 Diuji Materi ke MK
Ketua DPR Bambang Soesatyo--Medcom.id/Ilham Wibowo

Jakarta: Undang-undang MPR, DPR, DPD, dan DPRD (UU MD3) akan berlaku otomatis mulai besok. Ketua DPR Bambang Soesatyo (Bamsoet) mempersilakan berbagai pihak yang kebertan menguji materi UU MD3 ke Mahkamah Konstitusi (MK). 

"Bagi para pihak yang nanti tidak setuju atau ada perbedaan pendapat dengan undang-undang tersebut bisa langsung melakukan uji materi," kata Bamsoet di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Selasa, 13 Maret 2018. 

Baca: DPR Pastikan UU MD3 Sah Dijalankan Mulai Besok

Bamsoet menilai pengajuan uji materi ke MK merupakan hak warga negara. Uji materi bisa baru diajukan setelah UU MD3 resmi berlaku. Bamsoet juga menilai tidak perlu lagi berpolemik soal UU MD3.

"Karena ruang-ruang untuk memperbaiki (UU MD3) itu sudah tersedia oleh negara yaitu melalui Mahkamah Konstitusi," ujarnya.

Baca: Menguliti Revisi UU MD3

Bamsoet mengatakan, DPR menyerahkan sepenuhnya pada MK untuk memutuskan uji materi UU MD3. Dia meyakini MK bakal memposisikan diri objektif menilai uji materi UU MD3 nanti. "Kami meyakini keptusan MK itu sudah tentu mempertimbagkan kepentingan rakyat," ujarnya. 

Masa tenggat berlakunya UU MD3 tinggal satu hari. Hingga kini, draf UU MD3 belum diteken Presiden Joko Widodo. Merujuk aturan, UU MD3 akan berlaku otomatis usai satu bulan disahkan DPR. UU MD3 tetap berlaku kendati tanpa tandatangan presiden.



(YDH)