JK Sebut Keretakan Pilkada DKI Sudah Selesai

M Rodhi Aulia    •    Kamis, 20 Apr 2017 03:26 WIB
pilgub dki 2017
JK Sebut Keretakan Pilkada DKI Sudah Selesai
Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) mencoblos di TPS 03, Pulo, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan--Metrotvnews.com/M Rodhi Aulia

Metrotvnews.com, Jakarta: Banyak hubungan antarmanusia yang tiba-tiba retak saat Pilkada DKI 2017 bergulir. Baik itu hubungan sedarah maupun yang tidak.

Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) menilai keretakan hubungan itu sesuatu yang lazim dalam dunia demokrasi. JK meyakini keratakan itu tak akan abadi.

Pasti ada rasa bosannya. Setidak-tidaknya ketika hasil Pilkada itu telah terpampang jelas. Namun kuncinya terletak pada sosok Anies Baswedan-Sandiaga Uno dan Basuki Tjahaja Purnama (Ahok)-Djarot Saiful Hidayat.

"Setiap Pilkada sudah biasa ada polarisasi. Tapi kalau sudah ada hasil, itu langsung bersatu. Yang menentukan (persatuan) pemimpin. Baik yang menang, juga yang kalah," kata JK di Rumah Dinas Wapres, Jalan Diponegoro, Menteng, Jakarta, Rabu 19 April 2017.

JK berharap yang menang tidak bereuforia terlalu berlebihan. Kemudian yang kalah, patut menghargai yang menang.

"Sekarang itu damai. Selesai sudah persoalan itu. Tidak ada masalah agama, ideologi. Mulai kembali kita semua bangun bangsa ini," beber dia.

Berdasarkan hasil sejumlah hitung cepat, pasangan Anies-Sandi unggul ketimbang Ahok-Djarot. Bahkan selisihnya cukup signifikan.



(REN)