Masjid Harus Jadi Benteng Pertahanan NKRI

Intan fauzi    •    Jumat, 19 May 2017 08:09 WIB
nkri
Masjid Harus Jadi Benteng Pertahanan NKRI
Ilustrasi: Masjid Istiqlal. Foto: Antara/Akbar Nugroho.

Metrotvnews.com, Jakarta: Wakil Sekretaris Lembaga Takmir Masjid (LTM) Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), Ali Sobirin mengingatkan supaya masjid tetap menjadi benteng bagi pertahanan PBNU (Pancasila, Bhineka Tunggal Ika, NKRI, dan UUD 1945). Hal ini mengingat gerakan-gerakan anti-NKRI lebih masif bergerilya belakangan ini.

"Masjid sebagai benteng pertahanan Pancasila, masjid sebagai benteng pertahanan Bhineka Tunggal Ika, masjid sebagai benteng pertahanan NKRI, dan masjid sebagai benteng pertahanan UUD 1945," kata Ali di kantor PBNU, Jalan Kramat Raya, Jakarta Pusat, Kamis 18 Mei 2017.

Ia menegaskan, para pendiri dan sesepuh PBNU sudah menyepakati bila Indonesia merupakan negara salamah, negara Islam dengan sistem yang disepakati, yakni NKRI yang berfalsafahkan Pancasila. Ali menyebut, salah satu organisasi yang ia nilai tak sepaham, yakni Hizbut Tahrir Indonesia (HTI).

Seperti diketahui, pemerintah pusat bakal membubarkan HTI. Ali menduga, pembubaran HTI akan berpengaruh pada kondisi sosial di masjid-masjid.

Menurut Ali, mungkin akan ada sebagian pengikut HTI yang bertobat. Tetapi juga akan ada pihak yang merasa belum puas dan tetap mengajarkan pemahaman-pemahaman anti-NKRI melalui masjid-masjid. Itu yang Ali anggap perlu diwaspadai.

"Dengan dibubarkannya HTI maka masjid-masjid akan mengalami transformasi sedikit dari para pihak yang ingin bertobat kembali, ada juga pihak-pihak yang masih bulan puas, masjid akan jadi sasaran strategis untuk mengembangkan bibit-bibit anti NKRI," jelas Ali.



(OGI)

3 <i>'Cluster'</i> Besar Pemain Korupsi KTP-el

3 'Cluster' Besar Pemain Korupsi KTP-el

1 hour Ago

Juru Bicara Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Febri Diansyah membagi pihak yang terseret kasus…

BERITA LAINNYA