Mahyudin Beberkan Pentingnya Sosialisasi Empat Pilar

Pelangi Karismakristi    •    Senin, 30 May 2016 15:41 WIB
mpr ads
Mahyudin Beberkan Pentingnya Sosialisasi Empat Pilar
Wakil Ketua MPR Mahyudin (Foto:Dok.MPR)

Metrotvnews.com, Jakarta: Menurut Wakil Ketua MPR Mahyudin, kegiatan Sosialisasi Empat Pilar sangat penting dilakukan. Sebab, cara ini bisa untuk menangkal paham radikal, seperti terorisme.

''Kenapa harus dilaksanakan sosialiasi? Karena sudah tidak ada lagi penataran P4 (Pedoman Penghayatan dan Pengamalan Pancasila). Ini berguna untuk mengerem paham-paham radikal, seperti terorisme,'' kata Mahyudin saat audiensi bersama pelajar  SD YPPSB 1 Sangatta Utara di Ruang GBHN, Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (30/5/2016).

Menurut Mahyudin, terorisme salah dan tidak sesuai Pancasila. Dalam Sosialisasi Empat Pilar MPR juga terkandung nilai Bhinneka Tunggal Ika untuk meminimalkan fanatisme kedaerahan, yang kerap membawa isu SARA untuk kepentingan tertentu.

Tak hanya itu saja, Sosialisasi Empat Pilar MPR juga perlu ditanamkan untuk mencegah pejabat negara korupsi. Indonesia, sambung Mahyudin, menghadapi tantangan penegakan hukum yang tidak optimal, dan persaingan antar negara dalam era globalisasi.

''Itulah tantangan yang melatarbelakangi mengapa kita menyosialisasikan Empat Pilar,'' ujar Mahyudin.

Pada kesempatan itu, politikus Golkar ini juga memberikan motivasi kepada para siswa sekolah dasar agar meraih keberhasilan dan kesuksesan. Meskipun dalam kehidupan tidak melulu berhasil, ada kalanya kegagalan menghampiri.

"Kegagalan jangan membuat kita putus asa. Kita harus bangkit kembali. Di balik kegagalan, bisa jadi ada misi yang lebih baik dari Tuhan untuk kita," kata Mahyudin.

Mahyudin mencontohkan, dua kali pernah mengalami kegagalan. Pertama, gagal diterima bekerja di Kantor Pajak di Kutai Timur. Kegagalan kedua,  tidak terpilih menjadi Bupati Kutai Timur, setelah kalah oleh Awang Farouk. Tapi justru kegagalan itu mengantarkannya duduk sebagai wakil ketua MPR.

"Tuhan mempunyai rencana di balik kegagalan itu. Makanya, saya bisa menjadi wakil ketua MPR," ucap Mahyudin.


(ROS)