Kalla Isyaratkan Menteri ESDM dari Profesional

Dheri Agriesta    •    Senin, 03 Oct 2016 17:48 WIB
kewarganegaraan arcandra tahar
Kalla Isyaratkan Menteri ESDM dari Profesional
Wakil Presiden Jusuf Kalla. (Foto:MTVN/Dheri)

Metrotvnews.com, Jakarta: Wakil Presiden Jusuf Kalla menyebut Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral bakal diisi dari kalangan profesional. Posisi itu bakal diisi dalam waktu dekat.
 
Kalla memastikan posisi Menteri ESDM sama dengan posisi Menteri Keuangan, Pertanian, dan Pekerjaan Umum. Pemerintah akan memprioritaskan seseorang dengan latar belakang profesional karena tak ingin ada masalah.
 
"Kita tidak ingin ada masalah konflik kepentingan," kata Kalla di Kantor Wakil Presiden, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Senin (3/10/2016).
 
Kalla meminta seluruh pihak sabar menunggu Presiden Joko Widodo. Posisi yang sedang diisi Menteri Koordinator bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan ini pasti segera diisi profesional.
 
Kalla enggan mengomentari kabar yang menyebut Direktur Utama Pertamina Dwi Sucipto. kemungkinan Dwi bakal menduduki posisi itu.
 
Kalla juga enggan mengomentari kembalinya Arcandra Tahar ke kursi Menteri ESDM. Kata dia, segala keputusan ada di Presiden Joko Widodo. "Tunggu saja," kata Kalla.
 
Posisi Menteri ESDM kosong setelah Presiden Joko Widodo memberhentikan secara hormat Arcandra Tahar. Arcandra hanya duduk sebagai menteri selama 20 hari. Pemberhentian Arcandra berkaitan dengan kasus kewargangeraan. Posisi ini kemudian diisi Luhut Binsar Panjaitan sebagai pelaksana tugas sementara.


(FZN)