Airlangga Kalem Diusung jadi Pendamping Jokowi

Dheri Agriesta    •    Jumat, 08 Jun 2018 21:30 WIB
pilpres 2019
Airlangga Kalem Diusung jadi Pendamping Jokowi
Presiden Joko Widodo (kanan) dan Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto berolahraga di kompleks Istana Bogor. Foto: Antara/Muchlis

Jakarta: Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto kalem menanggapi dukungan dari DPD I Partai Golkar agar ia maju mendampingi Joko Widodo pada Pilpres 2019. 

"Itu kan aspirasi dari pengurus dan dari akar rumput Partai Golkar," kata Airlangga di Istana Wakil Presiden, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Jumat, 8 Juni 2018.

Airlangga mengatakan, Partai Golkar saat ini fokus menghadapi pemilihan kepala daerah. Pelaksanaan Pilkada 2018 yang digelar 27 Juni tinggal hitungan hari.

Airlangga yakin Presiden Jokowi telah menyiapkan sosok yang akan diusung sebagai pendamping. Partai pendukung, kata dia, mempercayakan proses pemilihan itu kepada Presiden.

"Karena di manapun pemilihan wapres itu domain utamanya dari Presiden," beber Airlangga.

Baca: Jokowi Hanya Bahas Cawapres secara Empat Mata

Airlangga merupakan salah satu sosok yang digadang bakal mendampingi Jokowi di Pilpres 2019. Menteri Perindustrian itu menarik perhatian saat beberapa waktu lalu menjadi komentator pertandingan sepak bola di salah satu televisi swasta.

Saat ditanya apakah kegiatan itu demi mendongkrak elektabilitas, Airlangga membantah. Ia mengatakan, undangan itu diterima karena jabatannya sebagai salah satu ketua umum pengurus besar cabang olahraga.

"Kalau itu kan (karena) saya Ketum PB Wushu, jadi kalau kebetulan ada olahraga meminta saya kan memang punya kegiatan lain di bidang olahraga," jelas Airlangga.




(DMR)