Hasil Tes Kesehatan Bakal Capres dan Cawapres Diserahkan Rabu

Faisal Abdalla    •    Senin, 13 Aug 2018 00:55 WIB
pilpres 2019Jokowi-Ma`ruf
Hasil Tes Kesehatan Bakal Capres dan Cawapres Diserahkan Rabu
Joko Widodo-Ma'ruf Amin usai jalani tes kesehatan di RSPAD Gatot Soebroto. Medcom.id/ Faisal Abdalla

Jakarta: Tim pemeriksa kesehatan bakal capres dan cawapres akan menyerahkan kesimpulan hasil tes kesehatan kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU). Rencananya, kesimpulan tes kesehatan akan diserahkan ke KPU hari Rabu.

Hari ini pasangan capres dan cawapres Joko Widodo-Ma'ruf Amin telah menjalani tes kesehatan. Besok, giliran pasangan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

"Sesudah selesai semua, dalam dua hari kita akan sampaikan hasil kesimpulannya ke KPU," kata Ketua Pengurus Besar (PB) Ikatan Dokter Indonesia (IDI), Ilham Oetama, di RSPAD, Jakarta Pusat, Minggu 12 Agustus 2018. 

Ilham mengatakan hasil pemeriksaan akan menyimpulkan secara medis apakah bakal capres dan cawapres memiliki kemampuan untuk melaksanakan tugas-tugas dalam jangka waktu lima tahun atau tidak. 

Hasil kesimpulan dari tim pemeriksa kesehatan itu kemudian akan jadi pegangan KPU dalam menentukan apakah bakal pasangan calon presiden dan wakil presiden memenuhi syarat untuk melanjutkan kontestasi. 

Ketua KPU Arief Budiman mengatakan hasil tes kesehatan ini hanyalah salah satu dari sejumlah syarat lain yang harus dipenuhi oleh bakal calon. Pasangan bakal calon bisa dinyatakan memenuhi syarat untuk ditetapkan sebagai capres dan cawapres apabila seluruh persyaratan telah dipenuhi.

"Jadi seluruh syarat harus dipenuhi secara komulatif. Kalau sudah dipenuhi semuanya, baru bisa ditetapkan sebagai capres dan cawapres," tandas Arief.


(JMS)