Samakan Persepsi, PPP Gelar Seminar RUU Pesantren

Nur Azizah    •    Kamis, 07 Feb 2019 15:38 WIB
pesantren
Samakan Persepsi, PPP Gelar Seminar RUU Pesantren
Ketua Harian Fraksi PPP DPR RI--Medcom.id/Whisnu Mardiansyah.

Jakarta: Fraksi PPP DPR RI menggelar seminar RUU Pesantren dan Pendidikan Keagamaan di Gedung DPR RI Jakarta. Seminar tersebut bertujuan untuk menyatukan pemahaman tentang RUU Pesantren dan Pendidikan Keagamaan.

Ketua Harian Fraksi PPP DPR RI, Arsul Sani tak menampik bila RUU Pesantren dan Pendidikan Keagamaan sempat menjadi perdebatan antara Fraksi PPP dan Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa. Sebelumnya, RUU Pesantren dan Pendidikan Keagamaan bernama Kelembagaan Agama.

"RUU ini masuk prolegnas 2014 dan dinisiasi PPP. Tadinya (namanya) RUU Keagamaan yang intinya pesantren. Tapi karena gengsi masing-masing, sehinga di prolegnas 2016 judul RUU jadi RUU Pendidikan Keagamaan lalu menjadi RUU Pesantren dan Pendidikan Keagamaan," kata Arsul di Komplek Parlemen DPR RI, Jakarta Pusat, Kamis, 7 Februari 2019.

Kendati pernah menjadi perdebatan, namun PPP tetap menjadi pengaju draf RUU Pesantren dan Pendidikan Keagamaan. Sementara PKB sebagai pengusul.  

"Dulu PPP usulkan RUU Pendidikan Keagamaan tapi Hendrawan Supratikno mengatakan kami punya madrasah berupa sekolah minggu maka dengan senang hati mengakomodasi. Sehingga judul RUU Pendidikan Keagamaan Islam dicoret jadi RUU Pendidikan Keagamaan," ujar dia.

Baca: Presiden Janji Percepat Pembahasan RUU Pesantren

Seminar tersebut dihadiri sekitar 250 orang. Beberapa yang hadir ialah perwakilan dari Badan Musyawarah Antar Gereja Indonesia (BAMAG), perwakilan dari Parisada Hindu Dharma Indonesia, perwakilan dari Kementerian Agama RI, dari kalangan pesantren, dan perwakilan dari F-PPP sebagai lembaga pengusul RUU.

"100 orang dari Kristiani dan Hindu. Kami minta masukan juga dari perspektif Kristiani bagaimana. Ini lebih efektif dari Rapat Dengar Pendapat Umum. Kami juga undang pengasuh ponpes DKI Banten dan Jabar. Ini cara jaring masukan," pungkas dia.


(YDH)

KPK Periksa Eks Pejabat Kemendagri terkait KTP-el

KPK Periksa Eks Pejabat Kemendagri terkait KTP-el

3 weeks Ago

KPK memanggil Sekretaris Direktur Jenderal Administrasi Kependudukan Kementerian Dalam Neg…

BERITA LAINNYA