Kalla Ikhlaskan Kasus Ahok pada Hukum

Dheri Agriesta    •    Rabu, 30 Nov 2016 12:10 WIB
kasus hukum ahok
Kalla Ikhlaskan Kasus Ahok pada Hukum
Wakil Presiden Jusuf Kalla. (Foto:MTVN/Dheri)

Metrotvnews.com, Jakarta: Wakil Presiden Jusuf Kalla menyerahkan penuh penuntasan kasus Basuki Tjahaja Purnama kepada penegak hukum. Berkas kasus Basuki sudah dinyatakan P21 atau lengkap dan siap disidangkan di pengadilan.
 
"Ya memang karena itu prosedur hukum," kata Kalla di Hotel Shahid, Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta Pusat, Rabu (30/11/2016).
 
Setelah dinyatakan P21, berkas perkara Ahok akan diserahkan ke pengadilan. Pengadilan kemudian menggelar sidang pembuktian kasus dugaan penistaan agama yang dilakukan ahok saat kunjungan kerja di Kepulauan Seribu.
 
Beberapa hari lalu, ahok mengapresiasi aparat penegak hukum yang bekerja cepat menyerahkan berkas perkaranya ke Kejaksaan Agung. Ia tak sabar masuk persidangan dan membuktikan apakah ia salah atau tidak.
 
Kalla mengatakan, pengadilan adalah tempat yang tepat untuk membuktikan salah atau tidaknya Ahok dalam kasus ini. "Tentulah pengadilan, proses hukum biasa," kata dia.
 
Tim Kejaksaan Agung menyatakan berkas perkara kasus dugaan penistaan agama dengan tersangka Basuki Tjahaja Purnama (BTP) lengkap atau P21. Polisi segera menyerahkan barang bukti dan tersangka.
 
"Hari ini, Kejaksaan Agung memutuskan, menyatakan perkara tersangka BTP telah P21," kata Jaksa Agung Muda Pidana Umum Noor Rachmad di gedung Kejaksaan Agung, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.
 
Noor menyatakan, P21 berarti segala administrasi penanganan perkara yang sebelumnya disidik penyidik Badan Reserse dan Kriminal Polri telah memenuhi sarat formil dan materil.
 
Dengan demikian, Kejaksaan Agung meminta penyidik Polri segera pelimpahan tahap dua, yakni penyerahan barang bukti dan tersangka.
 
Tim jaksa sebenarnya memiliki waktu 14 hari kerja untuk meneliti berkas perkara tersebut. Nyatanya penelitian berkas setebal 800an halaman itu bisa kurang dari empat hari kerja, terhitung sejak Jumat 25 November.



(FZN)

Ahok Tegaskan tak Pernah Umbar Janji saat Kampanye

Ahok Tegaskan tak Pernah Umbar Janji saat Kampanye

28 minutes Ago

Dia menegaskan hanya menyampaikan kinerjanya saat menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta defenit…

BERITA LAINNYA