Duet Jonan Arcandra Berpotensi Munculkan Masalah Baru

Annisa ayu artanti    •    Sabtu, 15 Oct 2016 14:27 WIB
kementerian esdm
Duet Jonan Arcandra Berpotensi Munculkan Masalah Baru
Presiden Joko Widodo (tengah) didampingi Menteri ESDM) Ignasius Jonan (kiri) dan Wakil Menteri ESDM Arcandra Tahar. Foto: MI/Panca

Metrotvnews.com, Jakarta: Duet Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan dan wakilnya Arcandra Tahar berpotensi memunculkan masalah baru.
 
Mantan Staf Khusus Menteri ESDM, Said Didu mengatakan, ketika ada ada dua jabatan tinggi dalam satu institusi bisa saja terjadi ketidaksinkronan dan ketidakharmonisan. Apalagi, kata Said, Arcandra Tahar saat ini seakan-akan menjadi anak emas Presiden Joko Widodo.
 
Setelah kasus dwi kewarganegaraannya yang memaksa Jokowi memberhentikan Arcandra, kini Presiden kembali mempercayakan Arcandra duduk di kursi wakil menteri ESDM. Kedekatan Arcandra dengan Jokowi yang berpotensi menimbulkan gangguan dalam kolaborasi Jonan-Arcandra.
 
"Jika menteri dan wakil menteri tidak sinkron dan ada yang merasa lebih dekat dengan Presiden, ini bisa jadi masalah. Apalagi jika dia (Arcandra) lebih banyak melapor ke presiden dari pada menterinya. Itu bisa menjadi gangguan," kata Said Didu dalam sebuah diskusi di Warung Gado-Gado Boplo, Menteng, Jakarta, Sabtu (15/10/2016).
 
Menurut Said Didu, dengan latar belakang Arcandra yang paham dunia migas, bisa jadi Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) justru lebih banyak melapor kepada Arcandra dibanding kepada Menteri ESDM.
 
"Dan ini adalah kemungkinan besar pemain migas, tambang ESDM yang ingin maen tidak jujur lagi, kemungkinan dia tidak masuk lewat Jonan kan, dia akan masuk lewat pintu lain, karena dia yakin pintu ini bisa ngambil putusan dari atas," kata Said Didu.


(FZN)