Wakil Ketua DPD Minta Freeport Menguntungkan Papua

Anggi Tondi Martaon    •    Selasa, 10 Oct 2017 11:55 WIB
berita dpd
Wakil Ketua DPD Minta Freeport Menguntungkan Papua
Tambang emas di Papua yang digali PT Freeport Indonesia. AFP

Metrotvnews.com, Jakarta: Wakil Ketua DPD Nono Sampono mengingatkan pemerintah agar lebih bijak membahas perpanjangan izin usaha PT Freeport Indonesia. Dia ingin, perusahaan tambang berbasis di Amerika itu menguntungkan Papua.

"Pemerintah harus memperjuangkan hak daerah. Sekian puluh tahun dalam kesepakatan yang lalu, yang lebih menerima manfaatnya adalah Freeport," kata Nono di Kompleks Parlemen, Jalan Gatot Subroto, Jakarta, Selasa 10 Oktober 2017.

Pembahasan izin usaha antara pemerintah dengan PT Freeport Indonesia masih buntu. Ada beberapa poin yang belum disepakati kedua pihak, salah satunya terkait divestasi 51 persen saham.

Klik: Legislator Minta Pemerintah Tidak Pencitraan terkait Freeport Indonesia

Perkembangan terbaru, pemerintah melalui Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) memberikan perpanjangan status Izin Usaha Pertambangan Khusus (IUPK) sementara PT Freeport Indonesia selama tiga bulan. Tujuannya, demi memuluskan proses negosiasi mekanisme divestasi 51 persen saham itu.

Nono mempercayakan segala proses lobi yang dilakukan oleh pemerintah dengan PT Freeport. Yang penting, kata Nono, target divestasi 51 persen saham harus tercapai.

"Dalam aturan umum selayaknya semua yang ada di bumi Indonesia itu sahamnya Indonesia di atas 50 persen," tandas dia.

 


(TRK)

ICW: Nama Hilang di Dakwaan Setnov Karena KPK Hati-hati

ICW: Nama Hilang di Dakwaan Setnov Karena KPK Hati-hati

3 hours Ago

Peneliti Indonesia Corruption Watch (ICW) berpendapat hilangnya sejumlah nama politisi yang seb…

BERITA LAINNYA