Presiden Tegaskan Pemerintah Dukung Penguatan KPK

Achmad Zulfikar Fazli    •    Rabu, 16 Aug 2017 13:18 WIB
dukung kpk
Presiden Tegaskan Pemerintah Dukung Penguatan KPK
Presiden Joko Widodo menyampaikan pidato kenegaraan saat Sidang Tahunan MPR Tahun 2017 di Kompleks Parlemen, Senayan. Foto: Antara/Agung Rajasa.

Metrotvnews.com, Jakarta: Pemerintah mendukung penguatan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dalam memberantas korupsi di Tanah Air. Sebab, korupsi merupakan salah satu penghambat Indonesia bersaing dengan negara lain.
 
"Saya mengajak seluruh rakyat Indonesia untuk bersama-sama memerangi korupsi. Pemerintah mendukung usaha semua pihak, dalam pencegahan dan pemberantasan korupsi serta memperkuat KPK," kata Presiden Jokowi dalam pidato kenegaraan pada sidang tahunan DPD dan DPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu 16 Agustus 2017.

Baca: Jokowi: Indonesia Bangsa Petarung

Menurut dia, Indonesia bisa menjadi bangsa maju yang diperhitungkan bangsa-bangsa lain di dunia bila memiliki daya saing. Namun, hal itu tak dapat tercapai jika praktik korupsi merajalela.
 
"Salah satu penggerus daya saing kita adalah korupsi. Ini musuh kita bersama," ucap dia.
 
Selain memerangi korupsi yang menggerogoti APBN dan uang rakyat, Pemerintah akan menguatkan sistem dan basis data perpajakan nasional. Ia berterima kasih kepada DPR yang menyetujui Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perppu) Nomor 1 Tahun 2017 tentang Akses Informasi Keuangan untuk Kepentingan Perpajakan.

Baca: Suara Lantang Merdeka hingga Janji Kemerdekaan di Ekonomi

Presiden optimistis dengan Perppu tersebut, APBN Indonesia akan semakin kokoh karena sumber kekuatan berasal langsung dari rakyat. Bahkan, kata dia, setiap rupiahnya digunakan untuk kepentingan rakyat.
 
"Selain itu, Indonesia juga semakin siap menyambut era keterbukaan informasi internasional yang memberlakukan Sistem Pertukaran Informasi Otomatis (Automatic Exchange of Information/AEoI)," kata Presiden Joko Widodo.




(FZN)

Sidang Praperadilan Setnov Digelar 30 November

Sidang Praperadilan Setnov Digelar 30 November

24 minutes Ago

PN Jakarta Selatan mengagendakan sidang perdana gugatan praperadilan Ketua DPR Setya Novanto pa…

BERITA LAINNYA