Ini Bangsa Besar, Maka Semua Elemen Mesti Bersatu

   •    Kamis, 20 Apr 2017 11:39 WIB
indonesia
Ini Bangsa Besar, Maka Semua Elemen Mesti Bersatu
Peta Indonesia

Metrotvnews.com, Semarang: Indonesia adalah bangsa besar. Semua elemen bangsa mesti bersatu agar segala permasalahan di negeri ini bisa diselesaikan dengan baik.

"Bangsa ini, negeri ini, terlalu besar untuk diurus satu atau dua golongan saja," kata Ketua Dewan Pengurus Wilayah (DPW) Partai Keadilan Sejahtera Jawa Tengah Kamal Fauzi usai peraayaan hari ulang tahun ke-19 PKS di Semarang, Rabu malam 19 April 2017.

Indonesia adalah negara kepulauan terbesar di dunia yang terdiri dari 13.466 pulau. Pada 2016, populasi di Indonesia lebih dari 258 juta jiwa. Indonesia adalah negara berpenduduk terbesar keempat di dunia dan negara yang berpenduduk Muslim terbesar di dunia, dengan lebih dari 207 juta jiwa.

Indonesia saat ini secara de facto terdiri dari 34 provinsi. Provinsi dibagi menjadi 416 kabupaten dan 98 kota atau 7.024 daerah setingkat kecamatan atau 81.626 daerah setingkat desa.

Wilayah Indonesia terbentang sepanjang 3.977 mil di antara Samudra Hindia dan Samudra Pasifik. Luas daratan Indonesia adalah 1.922.570 kilometer persegi dan luas perairannya 3.257.483 kilometer persegi.

Dalam kesempatan itu, ia juga menanggapi kemenangan Anies Baswedan-Sandiaga Uno, calon gubernur dan calon wakil gubernur yang diusung PKS dan Gerindra di Pilkada DKI. Menurut dia, kader PKS di Jawa Tengah harus menanggapi kemenangan di Jakarta dengan meningkatkan kinerja untuk masyarakat.

Ia mengingatkan, tahun depan masyarakat Jawa Tengah juga akan memilih gubernur dan wakil gubernur. "Agar momentum ini jadi semangat untuk meningkatkan kinerja dalam menyukseskan berbagai agenda besar yang sudah direncanakan," ujar Kamal.

Ketua Dewan Pengurus Daerah (DPD) PKS Kota Semarang Ari Purbono menyadari di usia ke-19 tahun, PKS belum banyak memberikan yang terbaik bagi masyarakat. Namun, anggota DPRD Kota Semarang itu berjanji ke depan akan lebih berkhidmat untuk rakyat, bersinergi dengan pemerintah.

Milad ke-19 PKS bisa menjadi momentum untuk menjalin kerja sama yang lebih baik dengan pemerintah demi membangun Kota Semarang yang lebih baik.

"Bagaimana menumbuhkan kerukunan dalam keberagaman tanpa rasa saling curiga. Kalau terus saling curiga tidak akan mungkin kota ini terbangun baik," kata Ari. (Antara)


(TRK)