Pengamat: Indonesia Sudah Menjadi Negara Khilafah

Intan fauzi    •    Kamis, 10 Aug 2017 00:49 WIB
pembubaran hti
Pengamat: Indonesia Sudah Menjadi Negara Khilafah
Ilustrasi. Foto: Antara/Dewi Fajriani

Metrotvnews.com, Jakarta: Pengamat Politik Islam Muhamad Sofi Mubarok mengatakan, Indonesia sesungguhnya sudah negara khilafah. Sebab, negara sudah menyediakan kebutuhan bagi umat Islam.

"Indonesia kan sesungguhnya sudah negara khilafah, sudah tentram segala macam jadi tidak ada alasan ganti ideologi negara, sistem pemerintahan," kata Sofi di Gedung Joang '45, Jalan Menteng Raya, Jakarta Pusat, Rabu 9 Agustus 2017.

Dengan demikian, kata Sofi, keinginan organisasi Islam Hizbut Tahrir Indonesia (HTI) untuk mengubah Indonesia menjadi negara khilafah tidak perlu lagi. Pemerintah Indonesia sudah menjamin segala kebutuhan yang diperlukan umat Islam.

"Sekarang kita lihat yang dimaksud mereka mengangkat seorang pemimpin kita sudah punya presiden. Agar kepentingan umat Islam dipelihara negara kita sudah punya Kementerian Agama, kita punya MUI, sesuatu yang tidak dimiliki negara sekuler manapaun di dunia ini, bayangkan kita punya kementerian yang urusin haji, zakat, segala macam," ungkapnya.

Sofi menilai apa yang diupayakan HTI saat ini sia-sia saja. Kalaupun ada kekurangan dalam sistem pemerintahan, menjadi tugas bersama untuk memperbaikinya.

"Yang mereka kritik kan bukan hukumnya, tapi penegakan hukumnya. Kalau penegakan hukumnya tidak perlu ubah undang-undangnya, yang penting aparat penegak hukum bisa menegakan hukum dengan proporsional dan adil. Tidak dengan ganti hukumnya dengan Islam," tegas Sofi.


(LDS)