Parpol Pendukung Pemerintah Diminta Komitmen

Damar Iradat    •    Jumat, 14 Jul 2017 14:51 WIB
revisi uu pemilu
Parpol Pendukung Pemerintah Diminta Komitmen
Anggota Dewan Pakar Partai NasDem, Taufiqulhadi. Foto: MI/Arya

Metrotvnews.com, Jakarta: Partai koalisi diminta komitmen menjalankan kesepakatan awal mendukung pemerintah. Partai koalisi pemerintah berkewajiban menyukseskan pemerintahan Joko Widodo dan Jusuf Kalla.
 
Anggota Dewan Pakar Partai NasDem, Taufiqulhadi, menyayangkan ada partai koalisi yang mulai bersebrangan dengan pemerintah. Padahal, sejak awal partai pendukung pemerintah memiliki.
 
"Menurut saya, partai itu hanya meminta haknya, tapi ketika diminta kewajiban, dia menolak," kata Taufiq di Komplek Parlemen, Jakarta, Jumat 14 Juli 2017.
 
Ia menegaskan, setiap partai pendukung pemerintah harus menunjukan komitmennya. Jika partai merasa tidak nyaman berada dalam koalisi pemerintah, mereka bisa mengundurkan diri.

Baca: Pembahasan RUU Pemilu Terancam Deadlock

Taufiq menyadari, koalisi partai pendukung pemerintah tidak semua bergabung sejak awal. Partai Golkar dan PAN merupakan dua partai yang baru masuk setelah pemerintahan berjalan.
 
Namun, kata dia, hal itu bukan masalah. Pasalnya, meski datang belakangan, setiap partai yang bergabung harus bisa menunjukan komitmennya. "Ketika sudah bergabung, kita bersama-sama menyukseskan pemerintahan sekarang," tegas dia.
 
Sekjen PDIP, Hasto Kristiyanto, mengkritik keras partai-partai koalisi pemerintah yang mulai bersebrangan, salah satunya PAN. Ia menyayangkan ada partai yang mendukung, tapi implementasinya setengah-setengah.

Baca: Golkar: Jangan Sampai Ada Parpol Setengah Hati Mendukung

Hasto mengatakan, ketika partai sudah menyatakan berbeda, diharapkan ada kedewasaan untuk berada di luar pemerintahan. PDIP menghormati setiap keputusan partai manapun, karena, apapun posisi politiknya terhadap pemerintahan, maupun di luar pemerintahan akan menyehatkan demokrasi.
 
"Tapi, jangan bersikap setengah-setengah, jangan bersikap tidak jelas," kata Hasto.

PAN beberapa kali berbeda sikap dengan partai politik pendukung pemerintahan lainnya, yang terakhir adalah soal RUU Pemilu. PDIP meminta agar PAN menyatakan berada di luar pemerintahan bila memang punya sikap berbeda.




(FZN)

Penyakit Novanto Kembali Bertambah

Penyakit Novanto Kembali Bertambah

1 hour Ago

Setyo menduga vertigo yang diderita Novanto berasal dari penyakit sinusitisnya.

BERITA LAINNYA