PKB Ikut Pemerintah Soal Ambang Batas Presiden

Faisal Abdalla    •    Selasa, 18 Jul 2017 06:46 WIB
revisi uu pemilu
PKB Ikut Pemerintah Soal Ambang Batas Presiden
Sekretaris Jenderal PKB Abdul Kadir Karding. MTVN/Faisal Abdalla.

Metrotvnews.com, Jakarta: Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) sepakat dengan pemerintah terkait angka ambang batas presiden dalam pembahasan RUU Pemilu. Sekretaris Jenderal PKB Abdul Kadir Karding mengatakan, PKB setuju dengan angka 20 persen.

"PKB ikut pemerintah. Kita setuju 20 persen," tegas Karding kepada wartawan usai menghadiri diskusi Reforma Agraria di Kantor DPP PKB, Cikini, Jakarta Pusat, Senin 17 Juli 2017.

Karding mengatakan, keputusan itu diambil setelah mempertimbangkan posisi PKB sebagai partai pendukung pemerintah. Karding sadar, menyetujui angka 20 persen berarti menutup kemungkinan untuk mengusung presiden pada Pilpres 2019 tanpa berkoalisi.

"Tentu kalau 20 persen ya kita harus koalisi. Karena saat ini PKB kan baru sepuluh persen lebih sedikit," lanjut Karding.

Pembahasan RUU Pemilu mandek karena fraksi-fraksi di DPR terbelah soal ambang batas. Partai-partai pendukung pemerintah seperti PDIP, NasDem, dan Golkar bersikukuh memilih opsi ambang batas sebesar 20-25 persen.

Sementara Gerindra, Demokrat, dan PAN menginginkan tanpa ambang batas. RUU pemilu ditargetkan rampung dan disahkan menjadi UU pada Rapat Paripurna DPR 20 Juli mendatang.


(DRI)

KPK Kantongi Bukti Baru Kasus Novanto

KPK Kantongi Bukti Baru Kasus Novanto

26 minutes Ago

KPK menyatakan telah mengantongi bukti baru dari tersangka kasus korupsi KTP-el, Setya Novanto.

BERITA LAINNYA