Lingkungan Tak Kalah Krusial dari Isu Sosial

M Sholahadhin Azhar    •    Jumat, 21 Apr 2017 20:47 WIB
Lingkungan Tak Kalah Krusial dari Isu Sosial
Anggota Komisi VIII DPR RI Rahayu Saraswati Djojohadikusumo. Foto: MI/Grandyos Zafna

Metrotvnews.com, Jakarta: Perubahan iklim dan isu lingkungan tak kalah penting dibanding perkara sosial untuk dibahas di Indonesia. Percuma serius memerhatikan masalah sosial namun tak peduli dengan perubahan iklim.

Hal ini disampaikan oleh Anggota Komisi VIII DPR RI Rahayu Saraswati Djojohadikusumo. Dia beralasan, dampak dari kerusakan lingkungan, seperti bencana alam, acap memakan korban jiwa yang tak sedikit.

"Percuma berusaha menyelamatkan orang, tapi kalau semua mati karena bencana. Apa gunanya?" kata Sara dalam acara diskusi dengan tema "Memperingati Hari Bumi dan Hari Kartini" di kawasan Sudirman, Jakarta, Jumat 21 April 2017.

Tanah longsor, banjir bandang dan bencana alam lain menurut Sara diakibatkan perubahan iklim. Tak hanya soal iklim, tangan-tangan manusia memepercepat kerusakan lingkungan. Karena itu, masyarakat harus memperhatikan itu sebagai persoalan serius.

Alam tak bisa dilawan. Pada kenyataannya alam yang mengamuk, hanya bisa diperkecil dampaknya lewat tangan manusia. Caranya dengan semakin peduli kesehatan lingkungan sekitar.

Salah satunya para penggiat industri. Pelaku usaha dikatakan punya peran penting memperlambat kerusakan lingkungan, yakni melalui tanggung jawab sosial perusahaan atau CSR.

Bukan hanya dari perusahaan besar, usaha kecil menengah atau UMKM juga harus terlibat. "Misalnya dari limbah pembuatan tempe, apa mereka punya pemikiran untuk mengelola limbah," sebut Sara.

Pegiat Lingkungan dan Duta Koperasi UKM, Dewi Motik, mengkritisi elit pemerintahan. Hanya pangkat dan jabatan yang dikejar, lingkungan dan perubahan iklim tak diperhatikan.

Padahal, posisi pembuat kebijakan dan elit pemerintahan berperan strategis. Terutama dari sisi persuasi sebagai teladan bagi masyarakat yang mengamati tingkah laku mereka.

"Masih rebutan kursi, rebutan kekuasaan, kita tidak ada pandangan ke isu lingkungan," kata Dewi.
(SUR)

Irman Kembali Diperiksa KPK sebagai Saksi Setnov

Irman Kembali Diperiksa KPK sebagai Saksi Setnov

1 hour Ago

KPK kembali memeriksa mantan Dirjen Dukcapil Kemendagri Irman. Irman diperiksa sebagai saksi un…

BERITA LAINNYA