Survei Poltracking: Kinerja Menteri Susi Paling Baik

Nur Azizah    •    Minggu, 26 Nov 2017 16:27 WIB
surveisusi pudjiastuti
Survei Poltracking: Kinerja Menteri Susi Paling Baik
Menteri Kelautan dan Perikanan RI Susi Pudjiastuti--MI/Adam Dwi

Jakarta: Menteri Kelautan dan Perikanan RI Susi Pudjiastuti dianggap memiliki kinerja paling baik, ketimbang menteri atau pejabat lainnya. Berdasarkan hasil survei Poltracking Indonesia, kinerja Susi mencapai 26,8%.

Disusul oleh Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa sebesar 6,8%. Posisi ketiga ditempati oleh Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo yang mencapai 5%.

"Saat ditanya menteri atau pejabat favorit, paling banyak menjawab Menteri Susi (26,1%)" kata Peneliti Poltracking Indonesia Hanta Yudha di Hotel Sari Pan Pasific, Jakarta Pusat, Minggu, 26 November 2017.



Di posisi kedua masih ditempati Khofifah dan selanjutnya ditempati Gatot. Kendati banyak yang puas dengan kinerja para menteri Jokowi, namun mereka setuju bila menteri tersebut dirombak. "Sebesar 32,9 persen setuju ada reshuffle. 17,7 persen tidak setuju," imbuh Hanta.

Poltracking Indonesia juga melakukan jajak pendapat, terkait tingkat kepercayaan terhadap lembaga penegak hukum di Indonesia. Dalam survei tersebut, TNI menjadi lembaga paling dipercaya dengan persentase 76%.

Disusul dengan Presiden yang hanya mendapat 75%. Sementara Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) hanya mendapat kepercayaan 68%.

Sedangkan lembaga yang paling tidak percaya ialah Dewan Perwakilan Daerah (52%), Dewan Perwakilan Rakyat (50%), dan partai politik yang hanya mampu meraup kepercayaan 48%. "Hal ini dikarenakan sikap para politikus yang terlibat dalam kasus korupsi," pungkasnya.


(YDH)