Jenderal Gatot Ikhlas Digantikan Marsekal Hadi

Ilham wibowo    •    Rabu, 06 Dec 2017 10:48 WIB
tnipanglima tni
Jenderal Gatot Ikhlas Digantikan Marsekal Hadi
Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo mengantar KSAU Marsekal Hadi Tjahjanto ke DPR. Foto: MTVN/Ilham Wibowo.

Jakarta: Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo ikhlas posisinya digantikan Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal Hadi Tjahjanto. Gatot siap melepas jabatannya menghadapi masa pensiun pada Maret 2018.

"Begitu sudah disetujui kemudian dilantik, maka saya dengan tulus dan ikhlas tongkat (panglima TNI) saya berikan kepada Pak Hadi," kata Gatot di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu, 6 Desember 2017.

Gatot bersama Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Mulyono dan Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Ade Supandi sengaja mengantar Hadi ke DPR. Hal ini sebagai wujud simbolis Gatot siap menyerahkan pimpinan TNI kepada Hadi.

"Sebagai wujud bahwa Pak KSAD, KSAL, seniornya Pak Hadi secara akademik (lebih tua) 3 tahun. Menunjukkan bahwa dengan mengantar ini KSAD dengan KSAL mengatakan kepada saya siap untuk dipimpin Pak Hadi," ujar Gatot.

Baca: Jenderal Gatot Antar Marsekal Hadi Ke DPR

Dia mengungkapkan alasan mengapa Hadi dipilih ketimbang dua kepala staf lainnya. Hadi dinilai punya punya kesempatan waktu yang lebih lama bertugas untuk menghadapi tahun politik. Sementara itu, KSAD dan KSAL tak lama lagi segera pensiun. 

"Karena mengawal pesta demokrasi di tahun politik itu bukan hanya 2018, sampai akhir 2019. KSAD 1 Juni pensiun, KSAL Januari 2019 (juga pensiun)," ungkap Gatot. 




(OGI)

Kuasa Hukum Novanto Sebut Dakwaan KPK Bermasalah

Kuasa Hukum Novanto Sebut Dakwaan KPK Bermasalah

1 day Ago

Pengacara terdakwa kasus korupsi KTP-el Setya Novanto, Maqdir Ismail menuding dakwaan milik KPK…

BERITA LAINNYA