AHY Jadi Penyambung Pertemuan SBY dan Jokowi

Achmad Zulfikar Fazli    •    Sabtu, 28 Oct 2017 17:27 WIB
sbypresiden jokowi
AHY Jadi Penyambung Pertemuan SBY dan Jokowi
Menteri Sekretaris Negara Pratikno--MI/Panca Syurkani

Metrotvnews.com, Bogor: Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menjadi penyambung lidah dalam pertemuan antara Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono dan Presiden ke-7 RI Joko Widodo. Putra sulung SBY itu mengontak Menteri Sekretaris Negara Pratikno melalui WhatsApp, untuk mempertemukan ayahnya dengan Jokowi.

Pratikno mengatakan, Presiden pun menyambut baik rencana pertemuan itu. Pihak Istana kemudian mempersiapkan pertemuan ini, hingga akhirnya terealisasi hampir sebulan setelahnya.

"Mas AHY juga menghubungi saya. 'Memungkinkan Pak Presiden dengan Bapak (SBY) pertemuan?' Terus saya lapor Pak Presiden, kata Presiden 'oh ya sudah diatur saja'. Cuma untuk ngatur itu butuh waktu beberapa minggu," kata Pratikno di Istana Bogor, Jawa Barat, Sabtu 28 Oktober 2017.

Baca: Tiba di Istana, AHY Undang Jokowi di Peluncuran The Yudhoyono Institute

Menurut dia, berbagai isu dibahas dalam pertemuan dua tokoh bangsa itu. Salah satunya, yakni soal UU Ormas.

Namun, ia mengaku tak mengetahui poin yang disampaikan SBY ke Jokowi. Pasalnya, pertemuan itu berlangsung empat mata. "Ini dialog dua arah saja. Selebihnya saya tidak ikut di dalam pertemuan," pungkas Pratikno.

Baca: SBY dan Jokowi Bertemu di Istana

SBY menemui Jokowi di Istana Merdeka, Jakarta, Jumat 27 Oktober. Pertemuan ini di luar agenda resmi Presiden.

Pertemuan yang berlangsung selama satu jam ini diawali dengan berbincang santai di beranda belakang Istana Merdeka atau veranda talk. Setelah 10 menit veranda talk, keduanya menuju ruangan Jepara di Istana Merdeka untuk melanjutkan pembicaraan.

Sayangnya usai bertemu Presiden, SBY langsung meninggalkan Istana. Tak ada komentar apapun dari SBY dan Jokowi perihal pertemuan tersebut.


(YDH)