Kasus Novanto Disebut tak Memengaruhi Kinerja Pimpinan DPR

Ilham wibowo    •    Senin, 13 Nov 2017 11:17 WIB
korupsi e-ktpsetya novanto
Kasus Novanto Disebut tak Memengaruhi Kinerja Pimpinan DPR
Wakil Ketua DPR RI Agus Hermanto (Foto:Metrotvnews.com/Anindya Legia P)

Jakarta: Kasus Hukum yang kembali menjerat Ketua DPR RI Setya Novanto diyakini tak memengaruhi kerja pimpinan anggota dewan. Wakil Ketua DPR RI Agus Hermanto menyebut, tugas Novanto bisa diserahkan pada wakil. 

"Kalau ada salah satu yang sedang berhalangan tentunya tidak akan menjadi kekurangan-kekurangan. Karena keputusan di dalam pimpinan DPR ini adalah kolektif kolegial," kata Agus di Kompleks Parlemen, Senayan Jakarta, Senin 13 November 2017.

Agus menuturkan, DPR tak berjalan sendiri. Sejumlah agenda seperti rapat paripurna, kata dia tetap bisa kuorum bila dihadiri minimal dua orang pimpinan DPR.

"Yang penting seluruh wakil-wakilnya bisa masuk karena di dalam rapat paripurna kan minimal dua orang pimpinan dan untuk rapat pimpinan 3 orang.  Apabila kuorum itu telah terpenuhi, semuanya akan berjalan sesuai yang kita tentukan," tutur dia. 

Politikus Demokrat itu menegaskan, kasus Novanto tak memengaruhi kinerja pimpinan. Sebab, pimpinan sudah memiliki tugas dan konsentrasi masing-masing.

"Kinerja dewan tetap seperti apa yang telah ditetapkan karena masih memenuhi kuorum dan kuorum itu resmi serta sah karena sudah sesuai batasan yang dikehendaki undang-undang," ujar Agus.
 


(REN)