"Ketua DPR Jangan Terlalu Sering Diganti"

Gervin Nathaniel Purba    •    Selasa, 29 Nov 2016 12:48 WIB
berita dpr
Setya Novanto dan Ade Komarudin. Foto: ANT/ Zabur Karuru

Metrotvnews.com, Jakarta: Kembalinya Setya Novanto kembali menjabat sebagai Ketua DPR RI tengah menjadi sorotan publik. Ketua DPR saat ini, Ade Komarudin menegaskan, akan patuh pada hukum serta menghormati apa pun keputusan partai.

Beragam reaksi muncul. Salah satunya, Fary Djemi Francis dari Fraksi Gerindra. Ia mengatakan, belum mendapat undangan untuk membahas pergantian pimpinan DPR dengan pimpinan partai lainnya.

"Sampai sekarang belum ada, tunggu saja," ujar Fary, saat ditemui di Gedung Nusantara I, Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Selasa (29/11/2016).

Fary ingin mendengarkan kebijakan dari Fraksi Golkar terkait pergantian pimpinan dan mengikuti mekanisme yang ada. Namun ia juga berpesan kepada Fraksi Golkar untuk tidak terlalu sering mengganti Ketua DPR.

"Ketua DPR jangan terlalu sering diganti. Bukan hanya Golkar yang punya, kita semua ada 10 fraksi. Pesannya seperti itu," jelas pria yang menjabat sebagai Ketua Komisi V DPR itu.

Penunjukan kembali Setya Novanto menjadi Ketua DPR RI dinilai akan menurunkan citra DPR. Bagi Fary, penilaian tersebut biar masyarakat saja yang menentukan.

"Dengar tanggapan masyarakat, minta seperti itu. Ketua DPR jangan terlalu sering diganti," ujar Fary.


(ROS)