Hoaks Bisa Dikendalikan

   •    Selasa, 06 Nov 2018 16:38 WIB
pilpres 2019hoax
Hoaks Bisa Dikendalikan
Ilustrasi. (Foto: MI/Pius Erlangga)

Jakarta: Relawan Teknologi, Informasi, dan Komunikasi (TIK) menyebut berita bohong atau hoaks bisa dikendalikan. Hoaks cenderung mudah untuk dibuat hanya dengan sekali 'pantik'.

"Memproduksi hoaks itu hanya perlu audiensi, jejaring, konten, dan alat produksi misalnya akun palsu media sosial," ujar Ketua Umum Relawan TIK Fajar Eri Dianto dalam Prime Talk Metro TV, Senin, 6 November 2018.

Audiensi, jejaring, dan konten menurut Fajar adalah senjata paling ampuh untuk dimainkan dalam konteks penyebaran hoaks. Ketidaktahuan masyarakat tentang pemanfaatan intenet dan informasi secara baik menjadi keuntungan sendiri bagi produsen hoaks.

Salah satu upaya yang bisa dilakukan untuk menangkal hoaks adalah dengan mengajarkan kepada masyarakat terutama pengguna internet aktif terkait bagaimana melindungi data pribadi. Termasuk etika dalam berinteraksi di dunia maya. 

"Apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan. Kemudian hal positif apa yang bisa diambil ketimbang hanya membca hal-hal yang kurang bermanfaat dalam kehidupan kita," jelasnya.




(MEL)