Ormas Diminta tak Ganggu Sendi-Sendi Negara

Lis Pratiwi    •    Rabu, 17 May 2017 19:29 WIB
pembubaran hti
Ormas Diminta tak Ganggu Sendi-Sendi Negara
Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin. Foto: MTVN/Achmad Zulfikar Fazli

Metrotvnews.com, Jakarta: Pemerintah tidak akan membatasi pembentukan organisasi masyarakat. Namun, ormas diminta tidak mengganggu sendi-sendi negara, apalagi berupaya mengubah ideologi negara.
 
"Silahkan melakukan aktivitas asal jangan menyentuh sendi-sendi kehidupan kita berbangsa," kata Lukman di Gedung Stovia, Jakarta Pusat, Rabu 17 Mei 2017.
 
Sendi negara yang dimaksud adalah empat konsensus dasar negara Indonesia, Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945, Bhinneka Tunggal Ika, dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).
 
Lukman mengatakan, pemerintah tidak melarang aktivitas masyarakat karena berkaitan prinsip negara Indonesia yang demokratis. Negara menjunjung tinggi hak asasi manusia dan memberi kebebasan yang luar biasa.
 
Lukman mengungkapkan, tidak ada negara lain seperti Indonesia dalam hal penegakkan demokrasi. Sebagian pihak bahkan menilai penerapan demokrasi ini sudah berlebihan.
 
Selain tidak mengusik sendi negara, Lukman juga mengingatkan agar aktivitas masyarakat tidak mengganggu pemerintahan.
 
Menurutnya, kalau masyarakat tidak setuju dengan pemerintahan yang ada, mereka harus tunggu pemilu berikutnya sehingga pemerintahan ini dilakukan secara demokratis, tidak berhenti sampai di tengah jalan. "Itu berbahaya sekali. Jadi menurut saya ini yang harus kita pahami bersama," ujar Lukman.
 


(FZN)

Novanto Jalani Sidang Perdana Hari Ini

Novanto Jalani Sidang Perdana Hari Ini

35 minutes Ago

Agenda sidang perdana ialah pembacaan surat dakwaan oleh jaksa penuntut umum pada KPK.
 

BERITA LAINNYA