Wiranto Mengakui Pernah Hadiri Udangan HTI

Nur Azizah    •    Jumat, 12 May 2017 18:26 WIB
pembubaran hti
Wiranto Mengakui Pernah Hadiri Udangan HTI
Menkopolhukam Wiranto--Metrotvnews.com/Nur Azizah

Metrotvnews.com, Jakarta: Menteri Koordinator Politik Hukum dan HAM Wiranto mengakui pada 2008 pernah menghadiri acara Hizbut Tahrir Indonesia (HTI). Dia bahkan menjadi pembicara.

Tapi, Wiranto membantah menjadi bagian dari HTI. "Hadir bukan berarti setuju," kata Wiranto di kantor Kemenko Polhukam, Jakarta Pusat, Jumat 12 Mei 2017.

Baca: Wiranto Sebut HTI Mengancam Kedaulatan Indonesia

Wiranto menuturkan, kedatangannya waktu itu untuk melihat perkembangan HTI. Dia hendak mengetahui apa yang diinginkan HTI. "Kehadiran itu sebagai pejabat publik. Mau tahu kemauannya apa."

HTI dinilai tak seirama dengan Pancasila dan NKRI. Sebagai Menko Polhukam, Wiranto berwenang membubarkan HTI. Dia mengaku, sudah mengamati seluruh kegiatan HTI. "Keputusan membubarkan HTI tidak tiba-tiba, ini melewati proses panjang," terangnya.


Mantan Pangdam Jaya ini menyampaikan, HTI berideologi khilafah islamiyyah. HTI bersifat transnasional. HTI, tambah dia, bercita-cita mewujudkan negara Islam.

Menurut Wiranto, ideologi HTI berbahaya. Merongrong kedaulatan Indonesia serta mengancam kesatuan dan persatuan. "Cita-cita untuk menciptakan masyarakat yang adil dan makmur jadi tidak terwujud," pungkasnya.


(YDH)

Kasus KTP-el, KPK Periksa Mayus Bangun untuk Setya Novanto

Kasus KTP-el, KPK Periksa Mayus Bangun untuk Setya Novanto

2 hours Ago

KPK hari ini memeriksa Chief Business Operation PT Astra Graphia IT Mayus Bangun, Astra Graphia…

BERITA LAINNYA